Tenggak Bir atau Whiskey Bisa Redakan Efek Miras Oplosan, Benarkah?

CDB Yudistira, Jurnalis · Senin 30 April 2018 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 30 481 1892860 tenggak-bir-atau-whiskey-bisa-redakan-efek-miras-oplosan-benarkah-BrQNyoanHS.jpg Miras Oplosan (Foto: Okezone)

MINUMAN keras (miras) oplosan, menjadi perhatian belakangan ini, setelah banyak orang meninggal usai menenggak miras oplosan di berbagai wilayah.

Tak tanggung-tanggung, angka kematian akibat miras oplosan dari data yang ada angkanya lebih dari 50 persen. Diketahui, 82 orang tewas akibat minuman keras oplosan, jumlah tersebut 58 orang dari Jawa Barat yakni dari Kabupaten Bandung dan Sukabumi. Beberapa hari kemudian di Jawa Timur 7 orang meninggal karena minum miras oplosan.

Kandungan dalam miras oplosan, merupakan penyebab utama para korbannya mengalami kematian. Dari hasil penyelidikan pihak kepolisian, dari berbagai wilayah, terdapat kandungan methanol dalam kandungan miras oplosan.

Namun, sebenarnya methanol tidaklah membahayakan. Tapi jika terjadi perubahan dari methanol menjadi asam format inilah yang mengancam jiwa.

"(Methanol) di minum masuk tubuh, metanol itu di ubah menjadi asam format. Ini yang bahaya, ini yang bikin cacat bikin mati. Jadi kita harus memblok, perubahan tadi dari metanol ke asam format. Itu kita bisa kasih obat di situ," ungkap ungkap dr. Teddy Hidayat SpKJ Ahli Kedokteran Jiwa Unpad, beberapa waktu lalu.

Pengobatan yang dilakukan, bisa dengan berbagai cara dengan langkah yang tepat. Bahkan dalam kasus keracunan miras oplosan, dapat di obati dengan kandungan ethanol.

"Bisa dengan obat bisa dengan etanol (kandungan dalam minuman keras), tapi masa ngobatin pake bir, atau wisky itu pasti di protes," katanya.

Gejala dini, keracunan miras oplosan. Lanjut Teddy, di awali dengan nyeri pada bagian ulu hati, yang berlanjut kepada muntah-muntah.

"Yang paling sering nyeri ulu hati, muntah itu yang paling sering. Gejala awal. Setelah itu perubahan kesadaran itu sudah berat masuk ujung (kematian) nafasnya tersengang sengang," pungkasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini