nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Garam, Nanas dan Madu Ternyata Bisa Jadi Obat Batuk yang Efektif

Sindonews, Jurnalis · Senin 30 April 2018 16:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 30 481 1892954 garam-nanas-dan-madu-ternyata-bisa-jadi-obat-batuk-yang-efektif-2cro2u4CHx.jpg Ilustrasi batuk. Foto: Halosehat

JAKARTA - Batuk menjadi penyakit langganan yang kerap menyerang saat musim pancaroba. Meski demikian, batuk tidak berbahaya jika ditangani dengan tepat. Umumnya batuk diatasi dengan mengonsumsi obat batuk.

Sayang, beberapa jenis obat batuk bisa menyebabkan kantuk hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Pada dasarnya, penyakit yang bisa menyerang siapa saja ini bisa diatasi dengan bahan-bahan alami tanpa menyebabkan kantuk. Dilansir Healthline, berikut ulasannya.

1. Garam

Campuran garam dan air dipercaya dapat meredakan rasa gatal tenggorokan saat batuk. Caranya, cukup campur 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam dengan delapan ons air hangat untuk membantu meredakan iritasi.

 

Foto: Boldsky

2. Nanas

Tak hanya lezat, nanas juga dapat meredakan batuk secara efektif. Ini berkat kandungan bromelain dan enzim pada batang dan buah nanas. Bromelain bekerja dengan mengeluarkan dahak di tenggorokan. Untuk hasil yang maksimal cukup konsumsi sepotong nanas atau minum 3,5 ons jus nanas segar tiga kali sehari.

Foto: Istimewa

3. Madu

Penelitian menunjukkan bahwa madu lebih efektif meredakan batuk dibandingkan obat yang mengandung dextrometghorpham (DM), pereda batuk. Untuk mendapatkan manfaatnya, campur dua sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon. Minum sebelum tidur atau saat pagi hari.

Foto: Shutterstock

[Baca Juga: Wow, Obat Batuk Bisa Membantu Wanita Cepat Hamil]

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini