nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Olahraga Gaya Baru, Lari Sambil Pungut Sampah Sanggup Bakar 288 Kalori

Sindonews, Jurnalis · Senin 30 April 2018 17:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 30 481 1892982 olahraga-gaya-baru-lari-sambil-pungut-sampah-sanggup-bakar-288-kalori-DIycNNNRq4.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Olahraga lari menjadi favorit banyak orang. Selain murah dan mudah dilakukan, olahraga yang satu ini juga terbukti efektif membakar kalori tubuh.

Menariknya, di Swedia olahraga lari tengah menjadi tren. Namun, olahraga ini dilakukan tidak pada umumnya, tetapi dilakukan sambil memunguti sampah atau disebut plogging. Aktivitas ini dinilai memberikan manfaat besar dibandingkan jogging biasa.

Dikutip Sociolla, mengambil nama dari gabungan jogging dan istilah Swedia plocka upp yang artinya mengambil, plogging mulai marak dilakukan masyarakat Swedia sejak 2016. Namun, tren ini baru mulai merambah berbagai negara di dunia dan Indonesia dalam beberapa bulan belakangan ini.

Foto: Huffpost

[Baca Juga: Fakta Unik tentang Olahraga Lari yang Jarang Diketahui]

Di Indonesia, aktivitas ini sudah dilakukan oleh beberapa komunitas lari. Selain baik untuk lingkungan, plogging juga memberi manfaat baik bagi tubuh terutama dalam hal membakar kalori.

Pasalnya tidak hanya berlari, saat memungut sampah, Anda akan melakukan gerakan serupa squat yang akan bantu membentuk otot di area bokong dan paha. Melakukan plogging selama 30 menit dapat membakar hingga 288 kalori. Sementara, jogging hanya mampu membakar 235 kalori.

 

Foto: Skinnymom

Selain jumlah kalori yang terbakar lebih banyak, melalui aktivitas ini Anda juga dapat menjaga lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat. (abp)

[Baca Juga: Rajin Lari Bisa Cegah Sakit Gagal Jantung]

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini