Benarkah Tomat dan Mentimun Berbahaya untuk Anjing Peliharaan?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 30 April 2018 20:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 30 481 1893039 benarkah-tomat-dan-mentimun-berbahaya-untuk-anjing-peliharaan-zcD2w8RHc0.jpg Anjing peliharaan (Foto: Mirror)

TERNYATA tidak semua makanan bisa dikonsumsi oleh hewan peliharaan Anda. Ada banyak makanan manusia yang ternyata beracun ketika dimakan oleh anjing kesayangan Anda.

Beberapa di antara makanan tersebut adalah cokelat, bawang, kacang macademia, tulang, jagung rebus, susu, blue cheese dan apapun makanan yang mengandung kafein. Namun, apa akibatnya jika anjing kesayangan Anda memakan beberapa jenis sayuran sehat yang sering di makan oleh manusia? Seperti tomat dan mentimun? Banyak pendapat bahwa mentimun dan tomat bisa menjadi makanan beracun bagi hewan peliharaan Anda. Apa Benar?

Sebagaimana dilansir Mirror, Senin (30/4/2018), Anjing Anda sebenarnya tidak masalah jika sesekali memakan mentimun atau tomat. Sebagaimana diketahui, mentimun (bukan acar) sangat aman untuk dimakan oleh anjing kesayangan Anda. Mentimun sangat sehat karena rendah sodium, lemak dan juga kalori.

  (Baca Juga: Viral Pernikahan Pasangan SMP, Netizen Salah Fokus ke Make Up Manten)

Tekstur mentimun yang renyah membuat kebanyakan anjing suka untuk memakannya. Namun, Anda harus memastikan memotong mentimun kecil-kecil supaya anjing tidak tersedak. Selain itu Anda juga tidak boleh memberi mereka banyak mentimun, karena dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal (GI).

Selalu pastikan jumlah mentimun sebanding dengan jumlah makanan yang dikonsumsi hewan peliharaan Anda. Caranya, bisa disesuaikan dengan usia si "doggy".   

Selain itu, tomat dinilai kurang baik untuk anjing karena mengandung solanin yang berbahaya bagi mereka. Tapi jangan takut, sebab tomat dalam kondisi matang, mengandung lebih sedikit solanin sehingga tomat matang adalah makanan ringan yang aman untuk dimakan anjing Anda sesekali.

Tomat mentah harus dijauhkan dari anjing. Jika Anda memiliki tanaman tomat di rumah atau di kebun Anda, jagalah agar tetap jauh dari lingkungan hewan peliharaan Anda.

Ada beberapa perubahan yang mengindikasikan anjing anda mengalami keracunan tomat. Perubahan detak jantung, kehilangan koordinasi, kelemahan otot, tremor, kejang dan gangguan pencernaan merupakan beberapa gejala yang dapat menghantui anjing Anda.

Meski demikian, tak perlu khawatir. Kasus-kasus ini cukup langka, tetapi jika tomat berada dalam jangkauan anjing Anda dan dia merasa lapar, kemungkinan besar mereka akan berhati-hati dan memilih mengunyah tomat yang berwarna merah.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini