Ini Waktu dan Cara yang Tepat untuk Bicarakan soal Menstruasi dengan Anak

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 01 Mei 2018 07:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 30 481 1893094 ini-waktu-dan-cara-yang-tepat-untuk-bicarakan-soal-menstruasi-dengan-anak-fQZadaNlOP.jpg Menstruasi (Foto: TimesofIndia)

BERKAT kecanggihan media sosial juga teknologi, seminar-seminar di sekolah, atau bahkan film, sekarang anak perempuan bisa mengumpulkan informasi soal menstruasi dari banyak sumber.

Namun sebelum anak perempuan membuat asumsi yang keliru, menganggap hal ini tabu, atau salah persepsi, selalu jauh lebih jika pihak orang tua untuk berdiskusi langsung dengan sang anak mengenai persoalan topik menstruasi ini.

Masih bingung kapan dan bagaimana memulai untuk membicarakan topik menstruasi dengan anak? Melansir Timesofindia, Selasa (1/4/2018) mungkin Anda bisa menerapkan 5 tips di bawah ini.

 

Waktu bicara 


Kebanyakan anak perempuan mendapatkan menstruasi pertamanya di antara usia 11 hingga 14 tahun, tapi mengingat hal ini bisa terjadi kapan saja dan di mana saja ketika mereka sudah menginjak usia 10 tahun, maka dari itu penting adanya untuk membicarakan soal ini dari awal, sehingga anak bisa mencerna informasi yang diterima dan tidak panik saat benar-benar mengalami kejadian menstruasi pertama kalinya.

Diskusi 'candid' 


Dalam membicarakan topik ini, Anda sebagai orang tua bisa menerapkan cara dengan tidak menjadikan topik ini sebagai topik pembicaraan yang super serius. Coba sisipkan saja informasi penting tentang menstruasi ketika sedang berbicara santai dengan anak. Anda bisa merujuk pada film, internet, atau buku untuk membuat anak jadi lebih mudah mengerti sehingga ia tidak bingung sendiri dengan semua informasi yang ia dapatkan. Intinya, jadikan topik pembicaraan soal menstruasi ini jadi topik diskusi informal, jangan buat anak jadi panik atau gelisah karenanya.

Jawab semua pertanyaan anak


Bekali diri Anda dengan infomasi yang tepat, sehingga bisa menjawab semua pertanyaan anak yang sedang penasaran. Apakah anak laki-laki juga mengalami menstruasi, kapan berhenti, apakah darah mens itu berbahaya atau tidak? Apakah akan terasa sakit atau tidak? Jika Anda bisa menjawab segala pertanyaan anak tentang menstruasi, ini bisa membantu anak untuk kejelasan tentang menstruasi dan membuatnya percaya diri tentang tubuhnya. Kuncinya adalah tetap sabar dan menjawab semua pertanyaannya dengan senyuman.

Bicara dengan Ayah

Siapa bilang soal period ini hanya boleh jadi diskusi antara ibu dan anak? Libatkan juga pihak Ayah dalam hal ini, bilang kepada anak bahwa hal ini boleh-boleh saja dibicarakan dengan Ayah, dan tidak perlu merasa malu atau menutupi-nutupi.

Jika anak masih merasa sungkan bicara berdua dengan sang ayah, cobalah untuk melakukan percakapan santai tentang hal itu ketika Anda semua berkumpul bersama-sama.

Bicara saat kejadian

Pembicaraan ini sejatinya tidak hanya dilakukan jauh-jauh hari sebelum anak mengalami menstruasi, namun juga tetap harus dilakukan saat anak benar-benar sudah mengalaminya karena sebelum dan saat kejadian sama-sama penting loh sifatnya! Minta anak untuk mengungkapkan apa yang dia rasakan dan bantu dirinya memahami prosesnya dengan lebih baik. Ini adalah waktu yang tepat untuk mengangkat topik soal kebersihan pribadi, dan perubahan fisik yang dialami tubuhnya.

Lebih jauh lagi, jika Anda berpikir bahwa ini adalah waktu yang tepat, Anda juga bisa jmengobrol tentang seks. Pastikan Anda sebagai orang tua tidak terlalu membebani informasi dan mengangkat topik yang tepat pada waktu yang tepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini