nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral 'Susu Alternatif' untuk Wanita, Waspadai Efek Sampingnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 01 Mei 2018 11:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 01 298 1893222 viral-susu-alternatif-untuk-wanita-waspadai-efek-sampingnya-HQMLqdrSd5.jpeg Susu Almond. (Foto: Huffpost)

APAKAH Anda berniat untuk menjadi seorang vegan? Jika iya, maka hal yang mesti dilakukan pertama adalah tekadkan niat dan mulai menjauhi makanan selain sayuran dan buah, termasuk di dalamnya susu hewani.

Ya, menjadi vegan berarti Anda tidak mengonsumsi susu sapi atau kambing, bahkan makanan olahan yang bahan bakunya berasal dari susu hewani. Namun, pemenuhan zat gizi seimbang mesti dijaga. Alhasil, para pegiat vegan terus berupaya menemukan susu alternatif yang nilai gizinya bisa setara dengan susu hewani.

Dilansir dari News, susu almond ternyata menjadi pilihan para vegan. Berasal dari jenis kacang-kacangan, susu almond sebenarnya bukan susu sama sekali. Jadi, baguskah susu almond bagi kesehatan?

Baca Juga: May Day, Netizen Ikut Ramaikan dengan Meme Kocak

Namun, seorang dokter selebriti, Michael Mosley, yang muncul dalam acara Trust Me, I'm A Doctor di saluran SBS Inggris mengatakan ada dampak positif dan negatif dari susu alternatif ini. Meskipun dia tidak memiliki masalah dengan 'susu alternatif', namun ada suplemen kunci yang tidak terkandung dalam susu almond, dan ini dapat menyebabkan masalah bagi perempuan di seluruh dunia.

Image result for almond milk, reuters

(Foto: Reuters)

"Salah satu hal yang sangat mengejutkan yang kami temukan di musim terbaru Trust Me, I'm A Doctor adalah bahwa banyak sekali perempuan sekarang yang kekurangan yodium dan alasan untuk itu, (di Inggris), adalah sumber utama yodium ada pada susu sapi," kata dia.

"Banyak perempuan bergeser dari meminum susu sapi ke susu almond dan alternatif lain yang hanya memiliki sekitar 1 atau 2 persen dari kandungan yodium susu sapi," terang Mosley.

Fakta ini pun memicu perdebatan. Banyak pihak yang meyakini bahwa kadar yodium yang kurang dalam susu almond tidak berarti besar untuk keseimbangan gizi tubuh manusia. Namun, yodium yang cukup sangat dibutuhkan guna menunjang kesehatan.

Image result for almond, reuters

(Foto: Reuters)

Perlu Anda ketahui, yodium merupakan elemen penting untuk menjaga fungsi tiroid di tubuh. Tiroid sendiri merupakan kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak pada bagian depan leher. Kelenjar ini mengeluarkan hormon-hormon yang mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, hingga berat badan.

"Yodium sangat penting untuk menjaga tiroid Anda dalam kondisi yang baik. Jika tidak, Anda bisa menjadi hipotiroid dan bertambah berat badan. Yodium juga sangat penting bagi perempuan hamil untuk perkembangan otak janin," lanjut Mosley.

Karena begitu banyak orang beralih dari susu sapi ke alternatif susu, Mosley mengatakan, dunia mengalami epidemi kekurangan yodium terutama pada perempuan muda.

Baca Juga: Libur MayDay, Masak Olahan Seafood di Rumah Yuk

  Image result for almond milk, reuters

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir bila merasa kekurangan yodium namun ingin tetap menjadi seorang vegan.

"Ada beberapa multivitamin yang mengandung yodium di dalamnya tetapi kebanyakan tidak. Sumber yodium lain yang bagus, jika Anda tidak suka susu, adalah ikan putih atau rumput laut, meskipun dalam rumput laut dosisnya bisa sangat tinggi," ujar Mosley.

Atau alternatif lain, kata Mosley, beli garam beryodium. "Di banyak negara di dunia mereka menambahkan yodium pada garam karena WHO benar-benar khawatir tentang efek kekurangan yodium pada perempuan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini