Rumus 20-20 untuk Mata yang Layak Dicoba, Rasakan Sendiri Manfaatnya

Agregasi Antara, Jurnalis · Selasa 01 Mei 2018 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 01 481 1893146 rumus-20-20-untuk-mata-yang-layak-dicoba-rasakan-sendiri-manfaatnya-rkcpcTdIBg.JPG

DOKTER spesialis mata Zoraya Ariefia Feranthy SpM menganjurkan masyarakat menerapkan rumus 20-20 yaitu istirahatkan mata selama 20 detik setelah mata bekerja selama 20 menit untuk menjaga kesehatan mata.

Penerapan rumus 20-20 tersebut, ujar dia, untuk menjaga mata agar tidak terjadi kelainan refraksi seperti mata minus, plus atau silinder.

Dokter yang akrab disapa Ranthy tersebut mengatakan faktor risiko kelainan refraksi yang bisa dikendalikan ialah faktor kebiasaan. Sementara kelainan refraksi akibat faktor genetik tidak bisa dicegah atau dikendalikan.

"Yang bisa kita kendalikan faktor kebiasaan. Kebiasaan baca dekat, dan juga faktor paparan 'gadget' terus menerus," kata dokter Ranthy.

(Baca Juga: Pramugari Cantik Asal Taiwan Ini Sedang Berlibur di Bali, Foto-Foto Seksinya Bikin Salah Fokus)

Dia menjelaskan setiap mata beraktivitas dengan bekerja jarak dekat seperti membaca buku, memandangi layar komputer dan gawai selama 20 menit, disarankan untuk mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat jarak jauh. "Istirahatkan mata lihat yang jauh lebih dari lima meter selama 20 detik, itu untuk menjaga kelainan refraksi," kata Ranthy.

(Baca Juga: Inilah 5 Wajah Pria Paling Tampan di Dunia yang Pesonanya Tak Pernah Luntur)

Sementara mengenai asupan makanan dengan kandungan khusus yang baik untuk mata berperan dalam meningkatkan kemampuan sel-sel di retina mata dalam menangkap cahaya.

Selain itu juga makanan dengan kandungan gizi yang baik untuk mata bisa membantu menjernihkan media atau lensa mata dalam melihat.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini