Ikuti Demo May Day, Waspada Penyakit Ini Mengintai

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 01 Mei 2018 14:17 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 01 481 1893253 ikuti-demo-may-day-waspada-penyakit-ini-mengintai-ikUgIOW5MV.jpg Demo Buruh. (Foto: Okezone/Dede)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca cerah berawan dengan suhu mencapai 32 derajat Celsius sepanjang Selasa 1 Mei. Bagi Anda yang ingin ambil bagian dalam aksi memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day, ada baiknya menyimak dampak buruk dari paparan sinar matahari berlebihan.

Badan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), dalam situs resminya menerangkan, dampak dari sengatan sinar matahari dalam jangka panjang adalah kulit akan menjadi merah, hangat, perih, dan melepuh. Kulit juga akan mengelupas dalam beberapa hari ke depan dan biasanya baru akan sembuh dalam tujuh hari.

Sementara itu, menurut Medical News Today, terdapat beberapa gejala yang mengindikasikan Anda sudah menderita kulit terbakar atau sunburn:

Baca Juga: Libur May Day, Singgah Yuk ke 4 Tempat Wisata di Bogor

Image result for kulit, okezone

1. Gatal dan melepuh

Area kulit yang terkena sengatan sinar matahari langsung dalam jangka waktu agak lama akan terasa gatal, sedikit muncul benjolan, dan bahkan melepuh.

2. Membengkak

Daerah kulit yang tersengat sinar matahari apabila disentuh akan terasa sakit. Selain itu, kulit akan menjadi berwarna kemerahan atau bahkan membengkak.

3. Menghitam

Memiliki kulit berwarna kecokelatan atau sawo matang mungkin menjadi impian beberapa orang karena terlihat eksotis. Namun, sengatan sinar matahari juga dapat membuat kulit terlihat lebih hitam. Kondisi ini lazim disebut kelebihan pigmentasi atau hyperpigmentation.

Selain dampak buruk pada kulit, paparan sinar matahari juga dapat mengakibatkan penyakit seperti demam dan sakit kepala. Gejala pertama yang mudah terlihat adalah mual. Jika dibiarkan, penderita bisa saja pingsan dan butuh penanganan lebih lanjut.

Beberapa dampak yang disebutkan di atas terjadi dalam jangka pendek. Dalam jangka panjang, sengatan sinar matahari terus-menerus dapat mengakibatkan kanker kulit serta kerusakan pada mata akibat sinar ultraviolet.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir dan takut apabila tetap ingin ambil bagian dalam unjuk rasa memperingati May Day. Anda dapat menggunakan pakaian yang sesuai yang terbuat dari bahan katun, linen, viscose, dan rayon. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sun block atau krim anti-matahari sehingga terhindarkan dari gejala kulit terbakar.

KTT G20 di Hamburg Diwarnai Aksi Demonstrasi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini