nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terbukti! Konsumsi Cokelat Bisa Hilangkan Stres

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 01 Mei 2018 14:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 01 481 1893263 terbukti-konsumsi-cokelat-bisa-hilangkan-stres-9COYjU63hS.jpg Ilustrasi Cokelat. (Foto: Reuters)

APAKAH Anda termasuk orang yang percaya stres bisa hilang dengan mengonsumsi cokelat? Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa itu adalah sugesti semata.

Tapi, tahukah Anda bahwa hal tersebut ternyata fakta! Belum lama ini penelitian mengenai kaitan antara stres dan konsumsi cokelat membuahkan hasil positif.

Dua studi dari Loma Linda University di California telah menunjukkan kebenaran bahwa makan cokelat dapat memiliki efek positif pada tingkat stres, serta mempromosikan perubahan bermanfaat pada peradangan, suasana hati, memori, dan kekebalan.

Tetapi ketika bicara ke peningkatan mood, tidak semua cokelat dibuat sama. Anda harus mengonsumsi cokelat hitam dengan lebih dari 70 persen kakao. Tentunya, cokelat jenis ini adalah jenis cokelat yang berkualitas baik.

Baca Juga: Meme Hari Buruh Ini Bikin Pekerja Jadi Galau, Terutama yang Nomor 5

(Foto: Reuters)

Banyak yang sudah tahu bahwa kakao penuh dengan flavonoid yang merupakan bagian dari sumber antioksidan. Tapi ini adalah studi pertama yang melihat dampak flavonoid cokelat pada otak manusia.

"Selama bertahun-tahun, kami telah melihat pengaruh dark chocolate pada fungsi-fungsi neurologis dari sudut pandang kandungan gula. Penelitian kami menunjukkan bahwa semakin banyak gula, semakin bahagia lah kita," kata pemimpin peneliti Lee S. Berk, seperti dilansir dari Metro, Selasa (1/5/2018).

Ini adalah pertama kalinya peneliti melihat dampak dari sejumlah besar kakao dalam dosis sekecil cokelat batangan berukuran biasa pada manusia dalam jangka pendek atau jangka waktu yang lama. Tidak hanya penelitian yang membuktikan hal ini, tetapi temuan yang sudah ada sebelumnya pun memperkuat fakta ini.

Studi ini menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi kakao, semakin positif dampaknya pada kognisi, memori, suasana hati, kekebalan, dan efek menguntungkan lainnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini