Hari Pendidikan Nasional, Ini 5 Hal yang Diinginkan Murid dari Gurunya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 02 Mei 2018 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 02 196 1893510 hari-pendidikan-nasional-ini-5-hal-yang-diinginkan-murid-dari-gurunya-Tul76ldZZO.jpg Ilustrasi guru dan murid (Foto: Okezone)

KEMAJUAN teknologi dan inovasi membuat jarak antara guru dengan muridnya. Tidak jarang, jurang perbedaan generasi tersebut menjadi penghalang dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Para guru sebelumnya pernah menjadi murid, tetapi tentu keadaan ketika mereka menuntut ilmu akan berbeda ketika harus membagi ilmunya.

Beberapa tips dan trik berikut dapat berguna untuk mengungkap apa yang sebenarnya diinginkan seorang murid dari gurunya. Sebagai orangtua, tips yang dihimpun dari Lifehack, Rabu (2/5/2018) ini juga berguna untuk memahami anak Anda dengan lebih baik:

1. Guru yang membuat kelas jadi menarik

Anak-anak lebih mudah bosan dan ketika kebosanan melanda, keinginan mereka untuk belajar pun sirna. Murid biasanya memiliki pemikiran yang proaktif dan bersemangat. Karena itu, penting bagi para guru untuk membuat kelas menjadi lebih aktif dan menarik sehingga murid merasa tanggung jawab pembelajaran diemban bersama-sama.

 (Baca Juga: Hari Pendidikan Nasional, Kenalan Yuk dengan 4 Guru Cantik Ini)

2. Guru yang passionate

Murid tentu mengharapkan diajar oleh guru yang mencintai pekerjaannya. Anak-anak dapat dengan mudah memberi tahu seorang guru yang nampak tidak ingin bersama mereka. Menunjukkan sedikit antusiasme saat mengajar serta rasa cinta akan mata pelajaran, dapat menjadi faktor yang mengasyikkan bagi murid.

 

(Foto: Steemit)

3. Guru yang mengakui kesalahan

Terkesan sepele tetapi guru sering merasa benar dalam segala hal. Padahal, murid juga sangat perhatian pada hal-hal kecil yang dilakukan gurunya. Mereka juga ingin tahu apakah seorang guru adalah contoh yang dapat mereka tiru di kelas. Dengan cara mengakui kesalahan, Anda dapat membuktikan kepada mereka bahwa guru juga seorang manusia dan dapat dipercaya karena selalu jujur.

  (Baca Juga: Bekas Girl Band Princess Ternyata Ada yang Sudah Jadi Hot Mama)

4. Guru yang terasa dekat

Hubungan yang dijalin antara guru dengan murid seharusnya tidak hanya dibatasi oleh sekat bernama ruang kelas saja. Ada ungkapan yang menyatakan bahwa sekolah adalah rumah kedua dan guru adalah orangtua kedua seorang murid.

Ada baiknya guru lebih membangun hubungan yang dekat dengan muridnya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mendengar keluh kesah mereka. Cara tersebut akan ampuh untuk meraih rasa hormat dari murid serta membuat mereka merasa dihargai karena upaya keingintahuan sang guru dalam hidupnya.

  (Baca Juga: Viral Penjual Roti Cane Cantik, Netizen Serbu dengan Rayuan Gombal)

5. Guru yang memberi semangat

Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara pernah berujar ‘Ing Ngarso Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani’. Falsafah tersebut kurang lebih berarti ‘Di depan menjadi teladan, di tengah harus menciptakan ide, dan di belakang memberi dorongan’.

Sikap tersebut amat penting untuk dipahami tenaga pendidik. Murid menginginkan seorang guru yang dapat menjadi teladan buat mereka, memberikan inspirasi ketika bersama mereka, dan mendorong di saat mereka membutuhkan.

Dorongan dapat diberikan seorang guru kepada muridnya dengan memberikan sedikit tantangan yang disertai apresiasi. Beri kesempatan setiap anak untuk menunjukkan kemampuannya dan tak lupa ucapkan pujian sehingga mereka merasa percaya diri serta ingin lebih berkembang.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini