nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 5 Penyebab Mata Kering, Mana yang Sering Anda Rasakan?

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 02 Mei 2018 14:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 02 481 1893596 ini-5-penyebab-mata-kering-mana-yang-sering-anda-rasakan-wgxsAeTdD6.jpg Ilustrasi Mata. (Foto: Shutterstock)

BEKERJA di ruangan ber-AC dapat membuat mata Anda kering dan perih. Keadaan ini tentu saja sangat mengganggu. Tapi jangan salah, selain ruangan ber-AC, banyak pemicu masalah mata merah yang membuat Anda tidak nyaman.

Kondisi mata yang kering, akan menyebabkan rasa pedih, gatal dan bisa menyebabkan iritasi kalau kita kucek. Sebenarnya, mata kering tersebut disebabkan karena kurangnya produksi air mata secara alami. Oleh karena itu, jika kondisi mata cukup lembab, maka penglihatan kamu pun akan tetap nyaman.

Dilansir Self, Rabu (2/5/2018), berikut adalah lima penyebab mata menjadi kering yang sering terjadi. Simak ulasannya lebih lanjut supaya Anda bisa menghindari.

Baca Juga: Viral Foto Gaji Guru Hanya Rp35 Ribu, Netizen: Tetap Semangat!

Image result for eyes, reuters

(Foto: Reuters)

Udara kotor

Berada di luar ruangan dengan kondisi udara yang tidak sehat, bisa menyebabkan mata kering. Polusi udara, membuat mata sulit terlindung dengan baik. Paparan polusinya membuat mata cepat gatal dan akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Karenanya, untuk mencegah risiko gangguan penglihatan itu, Anda bisa keluar rumah dengan menggunakan kacamata hitam yang bisa melindungi mata Anda.

Baca Juga: Aksi Rina Nose Makan Ramen Bikin Ngakak, Wajahnya Sampai Masuk Mangkuk!

Asap rokok

Seorang perokok tidak lepas dari berbagai risiko penyakit, bukan hanya penyakit dalam atau pernafasan, tapi juga penyakit mata karena asap yang mengganggu. Coba saja, jika Anda berada di lingkungan dengan kepulan asap rokok, pasti mata Anda terasa kering dan gatal.

Oleh karena itu, jangan sering berkutat di lingkungan orang yang merokok supaya tidak mengganggu kesehatan mata Anda.

Image result for eyes, reuters

(Foto: Reuters)

Terlalu lama di menghadap komputer

Sinar dari layar komputer bisa memberikan rasa tidak nyaman bagi mata. Kalau kelamaan menghadap komputer, mata Anda akan terasa perih karena gatal dan kering.

Di samping itu, mata juga jadi buram saat melihat jarak jauh. Karena itu, sering-seringlah mengistirahatkan mata Anda dengan normal, supaya tidak berdampak buruk.

Memakai kontak lensa terlalu lama

Bagi Anda pengguna kontak lensa, Anda harus tahu seberapa lama daya tahan kontak lens yang Anda gunakan. Adanya benda asing di mata tersebut memang tidak baik bagi kesehatan mata. Karenanya, disarankan setiap empat jam sekali Anda melepasnya.

Selain itu, Anda juga bisa membasahi mata dengan cairan khusus supaya mata lembab. Pastikan untuk tidak terlalu sering mengucek mata, karena bisa membuat mata jadi iritasi.

Image result for soft lens, reuters

(Foto: Reuters)

Berada di ruang ber-AC

Ruangan ber-AC nampaknya berbahaya bagi mata Anda. Karena bisa memicu mata kering, apalagi kalau angin dari AC langsung terpapar ke mata. Karena itu, sangat tidak disarankan untuk berada langsung di bawah AC meski cuacanya panas. Dampaknya bisa membuat penglihatan tidak nyaman karena risiko mata kering itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini