4 Cara Ampuh Bikin Kebiasaan Minum Kopi Jadi Lebih Sehat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 03 Mei 2018 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 03 298 1893963 4-cara-ampuh-bikin-kebiasaan-minum-kopi-jadi-lebih-sehat-6IFfCchAq0.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TIDAK dapat dipungkiri lagi bahwa kopi sudah menjadi salah satu bagian dari gaya hidup sebagian besar orang, khususnya di zaman yang serba modern seperti saat ini. Kopi bahkan digadang-gadang memiliki beragam manfaat kesehatan dan dipercaya dapat menghindarkan Anda dari rasa kantuk. Maka tak heran jika minuman tersebut selalu menjadi pilihan utama bagi para kaum urban yang memiliki kebiasaan begadang.

Namun sejumlah penelitian menyebutkan, konsumsi kopi yang berlebihan justru akan meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti jantung, asam lambung, dan masih banyak lagi. Salah seorang ahli gizi, Adina Pearson, mengatakan bahwa kopi memiliki sifat menekan nafsu makan, sehingga kerap dijadikan pengganti makanan oleh sebagian orang.

“Sifat stimulan kopi mungkin mampu menutupi kenyataan bahwa Anda sedang tidak dalam kondisi sehat. Padahal, perawatan diri yang baik itu mencakup konsumsi makanan yang cukup dengan gizi yang seimbang. Anda tidak dapat menggantikan nutrisi makanan dengan hanya mengonsumsi kafein. Anda membutuhkan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan sehar untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan,” kata Pearson.

 (Baca Juga: Ini Makanan Kesukaan Para Pemimpin Indonesia, Presiden Jokowi Doyan Apa Ya?)

Nah, untuk membuat kebiasaan minum kopi ini menjadi lebih baik dan menyehatkan, ada beberapa tips ampuh yang bisa Anda lakukan. Yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Thisisinsider, Kamis (3/5/2018).

Ketahui alasan Anda menyukai kopi

Pernahkah Anda berpikir apa yang membuat Anda begitu menyukai minuman bercita rasa pahit ini? Pasalnya, sebagian orang mengonsumsi kopi hanya untuk mengusir rasa kantuk ketika mereka sedang dikejar deadling. Namun ada pula yang mengonsumi kopi karena mereka benar-benar menikmati rasa pahit dan menikmatinya dalam jumlah wajar.

“Kopi adalah minuman pilihan. Tetapi jika Anda menjaga pola tidur yang normal, hal itu tentu akan membuat hidup menjadi lebih baik daripada mengonsumsi kafein. Jika Anda menggunakan kopi untuk mengusir rasa kantuk, tubuh dan pikiran Anda sebetulnya akan terasa lelah dan terkadang akan berakibat pada kondisi fisik dan mental. Di samping itu, kualitas tidur yang tidak memadai akan meningkatkan hormon stres yang akan menyebabkan masalah kesehatan lainnya,” tutur Adina Pearson.

 

(Foto: Shutterstock)

  (Baca Juga: Melihat Lebih Dekat Sigofi Ngolo, Ritual Unik di Jailolo)

Tambahkan bubuk kayu manis

Bagi para pencinta Starbucks tentu sudah paham betul beberapa bahan pelengkap untuk membuat cita rasa kopi menjadi lebih nikmat. Misalnya dengan menambahkan bubuk kayu manis yang disediakan pihak pengelola di sebuah meja khusus. Tidak banyak yang mengetahui bahwa bubuk kayu manis ini memiliki banyak manfaat kesehatan karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

“Dalam beberapa studi kesehatan, kayu manis selalu diidentikkan sebagai salah satu bahan makanan yang dapat menurunkan kadar gula. Menambahkan bubu rempah-rempah ini sama saja dengan menambahkan zat antioksidan serta menimbulkan rasa manis tanpa kalori, sehingga Anda bisa menghindari konsumsi gula yang berlebihan. Tidak hanya itu, bubuk kayu manis juga memiliki sifat anti-inflammotry dan antibacterial yang baik untuk tubuh,” imbuhnya.

 

Gunakan air bersih atau telah melalui proses penyaringan

Anda mungkin berpikir bahwa dengan merebus air, Anda tidak perlu lagi melakukan penyaringan mengingat kuman-kuman yang terdapat di dalamnya telah mati saat proses perebusan berlangsung. Tapi jangan salah, Pearson mengatakan bahwa menyaring air merupakan langkah yang cerdas, bukan hanya untuk menghasilkan cita rasa kopi yang lezat, tetapi juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

“Air yang telah disaring akan memastikan kandungan logam seperti timbal atau tembaga tidak mengontaminasi racikan kopi Anda. Perlu diketahui, air keran juga mengandung banyak senyawa berbahaya lainnya seperti disinfektan klori yang dapat menimbulkan masalah kesehatan jangka panjang. Anda juga harus menghindari penggunaan air sumur kecuali sudah dipastikan keamanannya,” papar Pearson.

  (Baca Juga: Kenali Gel Lidah Buaya yang Banyak Manfaat untuk Kecantikan)

 

Perhatikan asal usul kopi

Jika alasan Anda mengonsumsi kopi juga menyangkut masalah kesehatan, Anda harus memperhatikan asal-usul kopi secara keseluruhan. Di mulai dari daerah mana yang memproduksinya, seperti apa kopi dibudidayakan, hinggga bagaimana proses pemetikannya. Pearson mengatakan, hal ini sangat penting bukan hanya karena masalah kesehatan, tetapi juga untuk keberlangsungan industri kopi di masa yang akan datang.

“Minumlah dengan bersih dan dengan hati nurani. Pilih produk kopi yang dibudidayakan secara alami dan memiliki sertifikasi resmi untuk membantu para petani di dunia ketika, sehingga mereka dapat meningkatkan kualitas hidupnya,” tukas Pearson.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini