Indonesia Tengah Kembangkan Destinasi Wisata Vegetarian

Agregasi Antara, Jurnalis · Kamis 03 Mei 2018 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 03 298 1894026 indonesia-tengah-kembangkan-destinasi-wisata-vegetarian-LzGocVxPtU.jpg Festival masak vegetarian (Foto: Ist)

INDONESIA mengembangkan produk wisata dengan strategi pemasaran mengedepankan prinsip 3S (size, sustainability, spread/jumlah, pertumbuhan/perolehan devisa) sebagai upaya menciptakan destinasi wisata vegetarian kelas dunia.

"Komunitas vegetarian dunia mencapai 500 juta orang, terbesar di India sebanyak 350 juta dan China 50 juta. Kedua negara ini masuk dalam Top-5 Pasar wisatawan mancanegara yakni China, Eropa, Australia, Singapura, dan India," kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Menurut Arief Yahya, kunjungan wisman dari China menempati urutan teratas karena jumlah terbanyak 2,2 juta wisatawan mancanegara (wisman), untuk pertumbuhan (sustainability) tertinggi mencapai 42 persen, sedang perolehan devisa (spread) terbesar.

 Baca Juga: Kepanasan di Dalam Pesawat, Pria Ini Nekad Buka Pintu Darurat

Sedangkan wisman India baru tahun ini masuk ke dalam urutan kelima dalam Top-5 pasar, ditargetkan 700 ribu wisman (size) dan pertumbuhan sebesar 40 persen (sustainability).

"Tahun lalu jumlah wisman India yang berkunjung ke Indonesia sebanyak 485.000 wisman atau mengalahkan Korea, dan tahun ini akan menyalip posisi Jepang," kata Arief Yahya.

Menurut dia, kalangan komunitas vegetarian di Indonesia telah mengembangkan 10 destinasi digital vegetarian di antaranya ada yang sudah meluncurkan yakni di Belitung, Banten, Tomohon, Batam, serta Pontianak.

 

Selain itu juga sudah menetapkan 10 makanan terlezat vegetarian di Indonesia antara lain gado-gado, sayur asem, nasi goreng, hingga pecel. 

"Awalnya ketika ditanya apa ada destinasi wisata vegetarian di Indonesia, ternyata sudah ada di Belitung, obyeknya desa wisata dengan kebun organik, begitu pula kulinernya sudah ada 10 jenis makanan vegetarian terfavorit di antaranya gado-gado, nasi goreng, dan pecel," katanya.

Posisi Indonesia saat ini menurut The Global Vegetarian Index yang dikeluarkan oleh Oliver's Travel masuk dalam peringkat ke-16 dari 183 negara yang ramah vegetarian atau masuk Top-20 Vegetarian-Friendly Countries.

Dari Top-20 Vegetarian-Friendly Countries, negara Seychelles berada di urutan teratas, sedangkan Thailand urutan kedua, dan Malaysia urutan ketiga.

 (Baca Juga: Waktu Terhenti di Pulau Tak Berpasir, Pastofiri)

Jumlah restoran vegetarian di Indonesia sebanyak 438 restoran, sedangkan Malaysia memiliki 1.185 restoran, Thailand 908 restoran, dan Singapura memiliki 654 restoran vegetarian.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini