Share

Ternyata Koran Bekas Bisa Dimanfaatkan Menjaga Buah Tetap Segar Lho!

Agregasi Antara, Jurnalis · Kamis 03 Mei 2018 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 03 298 1894034 ternyata-koran-bekas-bisa-dimanfaatkan-menjaga-buah-tetap-segar-lho-TLUaZiAllT.jpg Buah-Buahan (Foto: Boldsky)

HIDUP sehat tidak terlepas dari apa yang kita konsumsi. Termasuk untuk buah dan sayuran yang harus tetap dijaga kesegarannya agar tidak mempengaruhi nutrisinya. Namun begitu, berkurangnya nutrisi buah dan sayur tidak terlalu 

"Kalau dibilang berkurang tergantung pada saat panennya, saat kondisi nutrisinya bagus atau tidak. Kalau misalnya hasilnya bagus saya yakin kondisinya akan tetap bagus," kata Chef Seha belum lama ini.

Lebih lanjut, Chef Seha yang merupakan seorang pakar kuliner profesional dari TaniGroup menjelaskan ada beberapa tips untuk menjaga buah dan sayur agar tetap segar mulai dari petani hingga supermaket dan rumah. Ternyata, koran bekas bisa dimanfaatkan untuk menjaga buah dan sayur tetap segar loh!

"Kalau tips dari saya untuk memilih segar atau tidaknya buah dari petani itu adalah penyimpanan, peletakan pada buah tersebut. Misalkan hasil panen ditaruh beralaskan koran atau ditutup koran atau ditutup kertas coklat, itu tujuannya agar warna buah tersebut tidak busuk di dalamnya, dan kulitnya tidak dry," jelas Chef Seha.

Suhu yang dingin tidak menjamin beberapa buah tetap segar. Karena ada beberapa buah yang kuat dengan suhu panas sekalipun seperti semangka dan melon, atau buah yang memiliki kulit tebal.

Tetapi, Chef Seha mengakui ada beberapa sayuran yang harus diperhatikan masa layaknya. Karena ada beberapa sayur yang memliki waktu kelayakan yang cepat.

"Yang harus spesial itu kayak pak coy, karena pak coy tahan hanya 5-6 hari, setelahnya sudah harus diolah enggak bisa tahan lama dalam chiller," jelasnya.

Namun begitu, Chef Seha menjelaskan jika buah dan sayur harus memiliki standarisasi kelayakan mulai dari petani dan pihak penjual seperti supermaket. Hal itu ditujukan agar kelayakan buah dan sayur bisa tetap dijaga.

"Kalau standarisasi petani sendiri sebenarnya pada saat mau panen dia seharusnya ada sistem dibilang hasil panennya itu didiamkan dulu, didiamkan bukan dalam artian didiamkan dalam gudang, tapi diolah, artinya divivo, penyusunannya, penempatannya, sampai hingga pengiriman ke supermaket," papar Chef Seha.

"Untuk pihak supermaket, memang sudah punya standarisasi, sudah punya SOP nya. Misalnya buah tomat, buah tomat itu sebelum barang masuk lagi yang di dalam gudang itu harus sudah dikeluarkan," lanjut Chef Seha.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini