nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sibuk Traveling, Hamish Daud Tak Bisa Lepas dari Kopi Hitam

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 03 Mei 2018 18:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 03 298 1894141 sibuk-traveling-hamish-daud-tak-bisa-lepas-dari-kopi-hitam-e4PhsaFgdj.jpg Hamish Daud (Foto: @hamishdw/Instagram)

KOPI nampaknya sudah menjadi minuman favorit semua kalangan, hal ini terbukti dengan menjamurnya kedai-kedai kopi yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Menurut International Coffee Organization pun mencatat bahwa pertumbuhan peminum kopi di Indonesia tumbuh sekitar 8%, lebih tinggi dari pertumbuhan global yang hanya berada di kisaran 6%.

Di samping fakta tersebut, belakangan perilaku peminum kopi di Indonesia mulai mengalami pergesaran. Aktivitas padat membuat kegiatan minum kopi harus dilakukan dengan cepat, namun tetap mempertahankan konsistensi rasa kopi itu sendiri.

Tak heran jika belakangan ini industri kopi terus mengeluarkan inovasi-inovasi terbaru, termasuk melahirkan penemuan-penemuan terbaik dalam menyeduh kopi. Salah satunya adalah alat penyeduh kopi yang sekarang didesain dengan teknologi terbaru sehingga akan membuat kegiatan minum kopi menjadi lebih cepat dan praktis.

Baca Juga: Kakak Tiri Meghan Markle Minta Pangeran Harry Batalkan Pernikahan

Manfaat alat penyeduh kopi ini pun dirasakan oleh Aktor sekaligus aktivis libgkungan, Hamish Daud. Sebagai sosok yang aktif ber-traveling ke pelosok-pelosok daerah di Indonesia, Hamish merasa sangat terbantu dengan adanya alat penyeduh kopi modern.

"Kalau lagi traveling saya selalu bawa aeropress karena praktis dan efisien. Teknik penyeduhannya itu filtering seperti V60. Alat ini wajib di bawa karena saya suka membeli biji-biji kopi lokal, dan teknik penyeduhannya tidak bisa dipukul rata karena mengikuti ciri khas biji kopi itu sendiri," tutur Hamish, dalam peluncuran Unakaffe System di Central Park, Jakarta Barat, Kamis (3/5/2018).

Hamish menambahkan, untuk urusan rasa ia mengaku termasuk penikmat kopi hitam. Jenis kopi ini dinilainya memiliki cita rasa yang unik dan khas, serta mampu membuat pikirannya menjadi lebih fokus.

"Saya paling suka kopi Toraja. Dari segi rasa dan flavour itu konsisten dan sangat beragam. Kalau dijelaskan lebih rinci, kopi Toraja itu memiliki layer-layer unik yang sangat terasa ketika masuk ke dalam mulut," imbuhnya.

Baca Juga: Ribuan Pelajar di Bogor Menyambut Kedatangan Sultan Hassanal Bolkiah

Saat ditanya sejak kapan ia mulai mengonsumsi kopi, suami dari penyanyi cantik Raisa itu mengungkapkan telah lama menjadi penikmat kopi hitam, namun baru 5 tahun belakangan ini ia mulai tertarik untuk mendalaminya.

"Jadi penikmat kopi itu sudah lama banget. Tapi saya baru mempelajari lebih lanjut sejak 5 tahun lalu. Awalnya, saya minum kopi untuk mengusir rasa kantuk. Sekarang saya sudah mulai belajar proses penyeduhannya, mengeksplorasi biji-biji kopi daerah, namun belum tertarik untuk membuka kedai kopi," tukas Hamish sambil tertawa lepas.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini