nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bertempat di Jogja National Museum, ARTJOG 2018 Mengusung Tema "Enlightenment"

Rizka Diputra, Jurnalis · Kamis 03 Mei 2018 12:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 03 406 1893986 bertempat-di-jogja-national-museum-art-jog-2018-mengusung-tema-enlightenment-qoOp9yjvTp.jpg Pameran Seni Art Jog (Foto: artjog.co.id)

YOGYAKARTA - Pameran seni berskala internasional ARTJOG 2018 kembali digelar di Yogyakarta. Kegiatan yang menghadirkan hasil karya seni para seniman dunia dari sejumlah negara akan dibuka pada Jumat, 4 Mei 2018 besok.

Art Jog memang berkomitmen untuk menampilkan karya-karya terbaik dari para seniman lokal maupun mancanegara. Tak sekadar itu, ARTJOG juga membuka kesempatan seluas-luasnya bagi seniman dan publik untuk berpartisipasi dalam pameran melalui open call application, untuk kemudian dikurasi oleh kurator ARTJOG.

Mengusung tema "Enlightenment" yang berarti pencerahan, ARTJOG 2018 bakal berlangsung hingga 4 Juni 2018 mendatang. Adapun tema tersebut sejatinya bermakna luas, tidak hanya dimaknai sebatas pencerahan sesungguhnya, namun juga sebagai upaya mengusir kegelapan (darkness) kepada sesuatu yang terang.

Setidaknya ada 54 seniman baik lokal maupun mancanegara yang akan ikut andil dalam acara ini. Pameran seni ARTJOG diharapkan mampu menyedot animo publik khususnya anak muda, termasuk pengunjung domestik ataupun yang berasal dari luar negeri.

Selain Indonesia, seniman dari beberapa negara seperti Malaysia, Filipina, Australia, China, Amerika Serikat (AS) dan Jerman akan unjuk gigi yang tentunya sangat berpengalaman dengan menyuguhkan karya seni yang inspiratif.

Di samping gelaran pameran seni, ARTJOG juga bakal menghelat Meet The Artist, yakni memfasilitasi publik untuk dapat bertemu dan berbincang langsung dengan seniman yang terlibat dalam ARTJOG. Program ini memungkinkan terjadinya pertukaran pengetahuan dan dialog antara seniman dan publik seni. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai program lainnya meliputi Curatorial Tour, di mana pengunjung akan diajak mengelilingi ruang pamer dengan dipandu oleh tim kurator.

Kemudian ada pula Special Performance yang menghadirkan persinggungan beragam bentuk seni melalui pertunjukan. Di sini ARTJOG akan menggandeng seniman (kelompok seni) yang telah memiliki pengalaman dan reputasi yang baik dalam bidangnya untuk ikut serta merayakan ARTJOG.

ARTJOG pun memberi ruang bagi keberagaman bentuk seni lainnya seperti seni musik, seni pertunjukan juga seni tari dalam tajuk Daily Performance. Sejumlah seniman dan kelompok seni telah dikurasi untuk menampilkan persembahan terbaik mereka setiap hari ke hadapan publik. Dan terakhir, ARTJOG mengundang seniman dan para pekerja kreatif untuk membuat dan memasarkan produk-produk mereka kepada publik dengan program Merchandise Project.

Pameran ini menurut rencana akan dibuka pada Jumat 4 Mei 2018 pukul 19.00-21.00 WIB. ARTJOG selanjutnya akan dibuka untuk umum setiap hari mulai tanggal 5 Mei hingga 4 Juni 2018 pukul 10.00-21.00 WIB bertempat di Jogja National Museum (JNM), Jalan Prof. Ki Amri Yahya Nomor 1, Gampingan, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta. Bagi masyarakat umum yang hendak berkunjung cukup membayar senilai Rp50.000 untuk tiket masuk.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini