Tahukah Anda, Mengonsumsi Ikan Berminyak Bisa Menunda Menopause

Sindonews, Jurnalis · Kamis 03 Mei 2018 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 03 481 1893994 tahukah-anda-mengonsumsi-ikan-berminya-bisa-menunda-menopause-QVlrz7cV4g.jpg Ilustrasi. Foto: Grivy

JAKARTA - Banyak manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi ikan berminyak. Beberapa jenis penyakit diyakini bisa diminimalisasi pertumbuhannya ketika mengonsumsi ikan yang kaya akan minyak itu.

Kondisi kesehatan orang Eskimo adalah salah satu bukti bahwa ikan berminyak cukup baik untuk daya tahan tubuh. Mereka yang kesehariannya terbiasa makan ikan berminyak, diketahui sangat sedikit yang mengalami serangan jantung atau stroke.

Selain dua penyakit itu, masih ada beberapa masalah kesehatan yang dinilai bisa dihindari dengan cara makan ikan tersebut.

Diberitakan The Sun, membiasakan makan ikan berminyak juga bisa menunda masa seseorang memasuki menopause. Hal itu seperti temuan dari hasil sebuah penelitian baru-baru ini.

Di luar berfungsi menunda menopause, ikan berminyak juga memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah. Untuk penanganan masalah tekanan darah ini, peneliti menyarankan untuk setidaknya dua kali dalam seminggu mengonsumsi ikan berminyak ini.

Foto: Shutterstock

[Baca Juga: Diet Vitamin D Turunkan Risiko Menopause Dini]

Selain itu, beberapa penelitian telah menemukan bahwa ikan berminyak dapat mengurangi risiko seseorang terkena kanker prostat, demensia, masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia, arthritis dan bahkan skizofrenia. Kendati begitu, manfaat besar dari ikan berminyak itu bisa diperoleh ketika mengonsumsinya secara utuh, tidak dicampur dengan jenis makanan lain.

Sementara itu, yang dimaksud dengan ikan berminyak di sini yaitu ikan yang tubuhnya mengandung sekitar 30% minyak. Beberapa jenis ikan yang masuk dalam kelompok ini di antaranya ikan sarden, ikan herring dan ikan teri. Ada juga salmon, trout, tuna, dan mackerel yang dianggap memiliki minyak yang lebih banyak dari jenis ikan sebelumnya. (abp)

[Banyak Juga: Menambah Konsumsi Berat dan Pasta Bisa Mempercepat Menopause]

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini