nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Macam-Macam Bullying di Kantor, Nomor 5 Paling Menyakitkan!

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Jum'at 04 Mei 2018 18:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 04 196 1894483 macam-macam-bullying-di-kantor-nomor-5-paling-menyakitkan-8goxBotl6p.jpg Pekerja (Huffingston Post)

BULLYING adalah suatu perbuatan yang tidak baik atau tercela dari sesorang atau kelompok yang dilakukan untuk mengejek orang atau kelompok lainnya. Di zaman sekarang ini, bahkan banyak bullying yang dilakukan sebagai bahan candaan baik di depan publik maupun tidak.

Contohnya, di acara televisi saat ini kita menemukan banyak bullying yang dilakukan oleh para selebritas kepada penonton atau bahkan sesama rekannya.

Tahukan kamu, Bullying tidak hanya dalam bentuk penyiksaan atau mengejek langsung karena ternyata ada banyak jenis bullying. Pertama, bullying secara verbal, secara fisik, secara elektronik dan secara relasional.

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini jika Melihat Korban Bully

Tidak hanya dalam dari teman, ternyata bullying bisa terjadi dari lingkungan pekerjaan Anda atau dari rekan bahkan bos di kantor. Bullying yang sering terjadi di kantor paling secara verbal atau kata-kata.

Berikut beberapa Bullying di kantor yang paling menyakitkan:

1. Dikritik Terus Menerus

Ilustrasi (Foto: Progressive Impact)

Jika bos Anda terus mengkritik hasil kerja yang Anda lakukan tanpa sebab yang jelas secara terus menerus maka Anda harus mewaspadainya. Karena hal itu termasuk dalam bullying.

2. Merasa Tertekan

Pekerja (DPA)

Saat bekerja di suatu perusahaan dan Anda merasa sangat tertekan dan merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerjaan, itu artinya Anda mengalami bully.

3. Mengungkit-ungkit Kesalahan

Ilustrasi (Foto: Progressive Impact)

Jika bos atau senior kerja Anda selalu mengungkit-ungkit kesalahan Anda tanpa melihat apa saja prestasi yang Anda lakukan maka itu adalah salah satu bentuk Bully. Itu bisa saja cara dia untuk membuat Anda merasa tidak nyaman sehingga Anda akan stres.

4. Jadwal yang Padat