5 Mitos Memasak yang Dipercaya hingga Kini, Nomor 3 Pasti Pernah Kamu Lakukan

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 04 Mei 2018 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 04 298 1894419 5-mitos-memasak-yang-dipercaya-hingga-kini-nomor-3-pasti-pernah-kamu-lakukan-fN4vvp2zCV.jpg Ilustrasi memasak (Foto: Palmohealth)

MEMASAK jadi salah satu kegiatan menyenangkan bagi kaum hawa. Tapi banyak mitos beredar yang mungkin masih kamu percayai.

Mitos-mitos itu sudah beredar sejak zaman dulu dan beberapa hal ada yang sulit dipatahkan. Banyak hal unik dari satu proses memasak yang diwariskan oleh nenek moyang.

Bagi kamu yang sering berkutat di dapur harus tahu beragam mitos soal memasak. Dilansir Foxnews, Jumat (4/5/2018), berikut adalah lima ulasannya yang harus disimak.

 Baca juga: Bully Berakhir Maut, Ini 3 Peristiwa Balas Dendam Korban Bullying

Alkohol terbakar ketika dimasak

Sudah menjadi rahasia umum kalau memasak dengan menambahkan alkohol bisa langsung terbakar. Itu tidak mungkin, karena kenyataannya bahan ini tetap aman menjadi campuran masakan. Termasuk jenis alkohol yang paling sering dipakai yaitu rum untuk membuat kue atau minuman. Kamu tetap aman mengonsumsinya dan tidak mengganggu proses memasaknya.

Telur rebus lebih mudah dikupas jika kamu menambahkan cuka ke air

Ada banyak tips yang menganjurkan bahwa kulit telur rebus mudah dikupas kalau ditambah cuka. Faktanya tidak terbukti kok. Kalau kamu ingin mudah mengupas kulit telur yang matang, caranya yakni merebus telur dalam keadaan airnya mendidih. Setelah itu, siram dengan air biasa saat telur sudah matang.

 

Merebus air garam dianggap lebih cepat mendidih

Ibumu selalu menyarankan kalau merebus air yang diberikan garam dianggap lebih cepat mendidih. Itu salah, karena air yang diberi taburan garam titik didihnya lebih rendah. Jadi tidak ada pengaruhnya sama sekali kalau kamu menambahkan garam saat masak.

Sayur dipanaskan nutrisinya hilang

Banyak orang percaya bahwa mengonsumsi sayuran mentah menjadi cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena sayuran yang dimasak vitamin dan mineralnya bisa hilang. Itu anggapan yang salah. kamu tetap boleh memasak sayuran sampai matang. Tapi proses masaknya jangan terlalu lama. Selain bikin sayuran layu dan tidak nikmat dikonsumsi, nutrisi yang baik dari sayuran itu akan hilang.

 Baca juga: Hindari 5 Hal Ini jika Tak Mau Di-Bully

Semua nutrisi lemak tidak sehat

Tak semua jenis lemak dalam bahan daging atau ikan dianggap tidak sehat. Ada beberapa bahan makanan yang mengandung lemak baik, itu yang dibutuhkan nutrisinya. Dalam sehari, tubuhmu tetap membutuhkan makanan berlemak supaya tambah berenergi. Karenanya, jangan sesekali anti dengan makanan itu yang buktinya tetap sehat dikonsumsi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini