nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Ikan Zombie yang Melompat saat Disajikan, Ini Penjelasan Profesor Kimia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 04 Mei 2018 14:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 04 298 1894446 viral-ikan-zombie-yang-melompat-saat-disajikan-ini-penjelasan-profesor-kimia-x3GFlxZr6o.jpg Ilustrasi (Foto: drwell)

WARGANET di China dikejutkan dengan adanya ikan zombie, sebutan yang disematkan untuk seekor ikan yang tiba-tiba melompat saat disajikan kepada pelanggan di sebuah restoran. Video lompatan ikan zombie itu menjadi viral di media sosial Youkou, ekuivalen dengan Youtube, di China.

Melansir dari Fox News, Jumat (4/5/2018), video tersebut menunjukkan seekor ikan yang sudah dimasak, ditempatkan di atas piring serta sudah disiram saus dan daun bawang. Tiba-tiba ikan itu seperti hidup dan melompat dari piring di hadapan sejumlah pelanggan yang terkejut.

Video ikan zombie tersebut langsung menyebar dengan cepati Youku dan menjadi viral pada 2 Mei. Namun, tidak disebutkan dengan pasti kapan atau di mana video tersebut direkam.

 (Baca Juga: 5 Makanan Ini Bisa Cegah Risiko Kambuhnya Asma)

Fenomena ikan zombie tersebut bukan pertama kali terjadi dan cukup biasa. Menurut laporan IFL Science, pergerakan ikan tersebut diyakini sebagai dampak reaksi kimia yang menstimulasi jaringan otot tubuh ikan.

“Beberapa waktu setelah mati, syaraf motorik di dalam jaringan otot masih memiliki potensi membran. Otak ikan itu sudah mati, tetapi sebagian besar jaringan ototnya masih hidup dalam video viral tersebut,” tulis IFL Science, menguti dari Metro.

  (Baca Juga: Di Masa Depan, Calon Orangtua Bisa Memilih Anaknya sejak dari Embrio!)

Profesor Kimia dari University of Virginia, Charles Grisham menerangkan, sebagian besar jaringan otot tubuh ikan itu sebenarnya masih hidup. Ia yakin metabolisme sel ikan masih utuh dan voltase membran masih utuh sehingga menstimulasi gerakan.

“Walau fungsi otak sudah hilang, jaringan otot tubuh masih merespons stimulus. Membubuhi garam atau saus akan memicu kejang otot di tubuh ikan,” imbuh Grisham.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini