nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Kenapa "Orang Arab" Doyan ke Puncak, Alasannya Tidak Bisa Dipercaya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 04 Mei 2018 15:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 04 406 1894441 ini-alasan-kenapa-orang-arab-doyan-ke-puncak-alasannya-tidak-bisa-dipercaya-DW1zwejtQL.jpg Puncak )Foto: Cimanggubogor)

TAHUKAH Anda bahwa Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata Halal dunia? Memiliki kelompok muslim terbesar, memberi kemudahan bagi wisatawan mancanegara yang ingin mendapatakan wisata halal yang tentunya friendly terhadap umat muslim.

Nah, sebagai salah satu destinasi wisata halal, ternyata Indonesia ini memiliki banyak spot khusus yang bisa dikatakan sebagai fasilitas bagi wisman muslim. Sebut saja banyaknya masjid dan juga kuliner halal yang tersebar di banyak wilayah di Indonesia.

Bicara mengenai penggolongan wisman, ternyata Indonesia banyak dilirik oleh wisman dari Malaysia, Singapura, Middle East, China, Thailand, Jepang, maupun Korea Selatan. Wisman ini cukup bisa menikmati paket wisata halal yang dihadirkan di negara ini.

Baca juga: Hindari 5 Hal Ini jika Tak Mau Di-Bully

"Paket halal di sini lebih mengarah pada friendly tourism, sih, belum bisa yang 100% halal. Sebab, banyak juga dari wisman itu yang non-Islam," terang Ketua DPW ATHIN (Asosiasi Travel Halal Indonesia) Jakarta Ananto Pratikno, saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (4/5/2018).

Ananto melanjutkan, secara spesifik, ternyata para wisman ini punya tujuan yang paling sering mereka datangi saat berlibur ke Indonesia. Misalnya saja wisman Malaysia dan Singapura. Dijelaskan Ananto, ternyata mereka itu sangat suka berbelanja dan untuk lokasi tujuannya biasanya Bandung, Jawa Barat.

Berbeda dengan mereka wisman yang berasal dari Middle East. "Percaya atau tidak, mereka itu memiliki sebuah pemahaman religius yang kuat di mana yang namanya surga adalah sesuatu yang hijau, subur, dan mengalir sungai di bawahnya. Makanya, mereka itu sangat suka mengunjungi kawasan Puncak Bogor atau Lembang Bandung," sambung Ananto.

Kemudian, mereka para wisman yang berasal dari China, Thailand, Jepang, atau Korsel, paling suka menikmati alam. "Jangan heran juga kalau ternyata mereka-mereka itu sangat suka pergi ke pantai, khususnya pantai Bali dan Lombok. Bahkan, saya bisa mengatakan jika mereka ini sangat terobsesi dengan pantai di Indonesia," tambahnya sedikit tertawa.

Terkait dengan "Halal Tourism" yang sedang diusahakan booming, perlu diketahui bahwa biasanya wisman ini memcari lokasi makan yang menawarkan makanan halal yang lengkap. Begitu juga dengan wisata tempat bersejarah dan yang cukup penting adalah ketersediaan tempat ibadah yang nyaman dan bersih.

 Baca juga: Bully Berakhir Maut, Ini 3 Peristiwa Balas Dendam Korban Bullying

Ananto menambahkan, pihaknya juga kini sedang mengembangkan perluasan lini "halal tourism" ini. Jadi, tidak hanya menyoal penawaran paket liburannya, tetapi juga sampai ke hal oleh-oleh halal yang bisa dibawa pulang para wisman setelah mereka puas berkeliling di tempat berliburnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini