nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingat Arya Permana Bocah 'Super Berat' dari Karawang? Begini kondisinya Sekarang

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 04 Mei 2018 13:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 04 481 1894417 ingat-arya-permana-bocah-super-berat-dari-karawang-begini-kondisinya-sekarang-wRKW113gBA.jpg Arya Permana (Foto: News.com)

ARYA Permana, bocah yang pernah dinobatkan sebagai anak tergemuk di dunia asal Karawang kini muncul dengan kabar gemira.

Dilansir dari News.com.au, Arya telah berhasil mengurangi berat badannya hingga 83 kilogram. Sekitar dua tahun lalu, berat Arya sempat mencapai angka 192 kilogram dan nyaris tak bisa bergerak sama sekali. Kondisi ini membuatnya sulit untuk menjalani aktivitas.

Kabar baik ini diketahui karena bocah lelaki berusia 12 tahun tersebut menjalani prosedur operasi lambung untuk mengurangi berat badannya pada April tahun lalu.Meski mengalami kemajuan yang baik, Arya masih dipantau dokter dan ahli diet.

"Mereka melarang saya mengonsumsi makanan dan minuman manis, terutama minuman ringan. Mereka meminta saya untuk makan lebih banyak buah dan olahraga secara teratur," kata Arya kepada media asing, ABC.

Berat badan Arya memang terpantau turun drastis sejak operasi tersebut. Katanya, itu berhasil membuat perutnya lebih kecil dan menjadi kurang lapar. "Sekarang makan enam sendok sudah membuat saya kenyang," sambung Arya.

Baca Juga: Obesitas Bikin Minder, Wanita Ini Sukses Turunkan Berat Badan hingga 13 Kg dalam 3 Bulanan

Kabar baiknya tidak hanya itu, karena sudah mengurangi bobot tubuh, kini Arya sudah dapat bermain keluar bersama teman-temannya dan berolahraga bareng. Suatu hal yang sulit dia lakukan setahun yang lalu.

Sedikit informasi, Arya sendiri terlahir dengan berat rata-rata bayi yaitu 3.1 kilogram. Memasuki usia dua tahun, berat badan Arya secara perlahan melonjak.

Bocah ini dikenal sangat hobi makan hingga bisa makan lima kali sehari dengan porsi yang besar atau setara porsi makanan dua orang dewasa untuk satu hari.

Dalam wawancara sebelumnya dengan The Sun, orangtua Arya, Rokayah dan Ade Somantri mengatakan bahwa mereka senang jika putranya dapat menjalani kehidupan normal.

"Kami sangat senang melihat dia menjalani hidup yang sehat. Dia sangat aktif dan dalam keadaan sehat. Tidurnya nyenyak dan tidak lagi sesak nafas. Dia juga bisa berjalan dan bermain tanpa mengeluh sesak napas," kata Rokayah kepada The Sun.

Baca Juga: Dulu Gemuk dan Tak Percaya Diri, Pria Ini Sekarang Mirip dengan Prince Adam 'Beauty and The Beast'

Bukan tanpa masalah, orangtua Arya kini merasa cukup khawatir karena anaknya malah kesulitan makan dengan baik. Kata mereka, Arya sering memuntahkan makanannya karena mudah merasa kenyang.

Terkait dengan olahraga, menurut orangtuanya, Arya doyan sekali jalan. "Dia berjalan sepanjang 2 km setiap hari," tambah orangtua.

Meski sudah membaik, menurut orangtua Arya, bocah itu masih memerlukan operasi lanjutan lain tahun ini.

(hel)

Berita Terkait

Arya Permana Bocah Obesitas

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini