nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

1 dari 3 Perempuan Melepaskan Cincin saat Hendak Wawancara Kerja

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 07 Mei 2018 06:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 05 196 1894882 1-dari-3-perempuan-melepaskan-cincin-saat-hendak-wawancara-kerja-YeccRuBzge.jpg Ilustrasi cincin kawin (Foto: Independent)

KETIKA seseorang mendapatkan kesempatan untuk wawancara pekerjaan tentu akan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sejumlah persiapan pun dilakukan agar bisa memberikan jawaban terbaik. Mulai dari CV, cara menjawab, busana yang dikenakan, model rambut, dan lain sebagainya.

Bagi siapapun yang membutuhkan pekerjaan baik yang sudah pernah bekerja sebelumnya maupun baru, tahap wawancara menjadi sedemikian penting. Sebab pada saat itulah mereka 'menjual' dirinya agar perusahaan tertarik 'membeli' karena memenuhi kualifikasi yang diinginkan. Perusahaan memang biasanya memiliki syarat tertentu termasuk dalam hal status.

Mengenai syarat yang satu itu, sebuah fakta mengejutkan terungkap. Hampir satu dari tiga perempuan melepaskan cincin pernikahan atau pertunangannya sebelum wawancara pekerjaan. Kebanyakan dari mereka takut jika memberikan informasi mengenai statusnya dapat menghambat peluang untuk mendapatkan pekerjaan.

 (Baca Juga: Kaesang Pangarep Ingin Menikah Bulan Desember)

Sebenarnya pembicaraan mengenai status perkawinan atau rencana untuk hamil tidak pantas untuk dilakukan. Tapi terkadang pihak perusahaan memiliki kriteria tersendiri untuk hal itu. Maka tak heran bila kandidat pekerja perempuan cenderung menghindari pembicaraan terkait hal itu.

Melansir Independent, Senin (7/5/2018), penelitian yang dilakukan oleh Credit Angel menyatakan sebanyak 29% perempuan berusaha mencegah diskriminasi tersebut dengan tidak mengenakan cincin sebelum wawancara kerja. Cincin diyakini menunjukkan bila seorang perempuan nantinya membutuhkan waktu untuk cuti hamil, cuti mengasuh anak, dan pengaturan pembagian pekerjaan di masa depan. Hal lain yang tak kalah mengejutkan dari hasil penelitian adalah 59% pengusaha mengharuskan perempuan mengungkapkan dirinya hamil atau tidak selama wawancara pekerjaan.

  (Baca Juga: Kala Pernikahan Raditya Dika dan Anissa Aziza Memadukan Dua Adat yang Berbeda)

Tak sampai di situ, 46% pengusaha mengakui jika dirinya akan menanyakan apakah perempuan yang diwawancarai memiliki anak kecil atau tidak. Pertanyaan-pertanyaan itu diperlukan sebagai pertimbangan untuk menerimanya. Namun di lain sisi sebaiknya perempuan tidak perlu mengkhawatirkan terkait hal ini. Sebab masih ada perusahaan yang mau menerima pekerja perempuan apapun statusnya.

(tam)

Berita Terkait

tips wawancara

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini