nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lomba Masak Tradisional Semarakkan Hari Kuliner Nasional

Agregasi Antara, Jurnalis · Minggu 06 Mei 2018 04:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 06 298 1894981 lomba-masak-tradisional-semarakkan-hari-kuliner-nasional-KmtaRAfsLH.JPG (Foto: Instagram)

JEJARING Wisata Kalimantan Barat menggelar lomba memasak tradisional khas Kota Pontianak, Paceri Nanas dalam rangka memperingati Hari Kuliner Nasional yang jatuh setiap tanggal 5 Mei.

"Kegiatan lomba ini juga merupakan satu di antara rangkaian kegiatan Kalbar Extravaganza 2018," ujar Koordinator Lomba, Ery N. Arummanix di Pontianak.

Kalbar Extravaganza 2018 digelar di Halaman A Yani Megamall Pontianak pada 4- 6 Mei 2018.

Eri menjelaskan lomba masak paceri nanas yang digelar Jewita tersebut bertujuan untuk terus mengenalkan masakan khas Pontianak baik ke tingkat lokal dan nasional maupun mancanegara.

"Paceri nanas merupakan kekayaan kuliner Kota Pontianak. Kuliner khas ini harus kita kenalkan dan terus kita promosikan," papar dia.

Sementara itu, perwakilan dari Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) yang juga menjadi juri lomba, Yoyok mengatakan paceri nanas merupakan masakan khas melayu. Menurutnya sebagaimana namanya kuliner khas melayu tersebut berbahan baku utama buah nanas.

(Baca Juga: Pangeran Arab Berumur 61 Tahun Nikahi Gadis Belia, Maharnya Bikin Tercengang!)

"Masakan nanas atau dikenal paceri nanas merupakan masakan khas melayu. Di Indonesia bukan hanya di Pontianak namun juga ada di Medan dan Riau," jelas dia.

Meski demikian papar dia, kuliner paceri nanas sudah menjadi identitas warga Pontianak sejak dahulu.

"Yang membedakan paceri nanas Pontianak dengan daerah lainnya yang mencolok terdapat pada bumbunya seperti ada klebat. Di daerah lain tidak ada dimasukkan bumbu klebat," jelas dia.

Sementara itu juga, Direktur Jewita Kalbar, Aristono Edi Kiswantoro menjelaskan secara umum pihaknya yang merupakan komunitas fokus ke pariwisata berkomitmen menggali dan mengenalkan potensi wisata di Kalbar termasuk kuliner Pontianak, paceri nanas.

"Kita kaya akan budaya, pesona alam, sejarah dan lainnya termasuk kuliner. Oleh karena itu kita akan kenalkan melalui berbagai cara termasuk lomba," papar dia.

Ia menjelaskan bahwa kuliner Kota Pontianak sudah dikenal sangat enak oleh pihak luar. Sehingga potensi yang ada harus diperkuat dan dipromosikan baik ke dalam maupun luar negeri.