nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menikmati Gurihnya Bakso Dengkul Sapi

Agregasi Antara, Jurnalis · Minggu 06 Mei 2018 06:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 06 298 1894993 menikmati-gurihnya-bakso-dengkul-sapi-ZPca725rrY.jpg Ilustrasi Bakso (Foto: Grivy)

KREATIVITAS usaha kuliner di masyarakat terus muncul dan bertumbuh dengan beragam jenis serta strategi pemasarannya. Salah satunya bakso yang sudah amat terkenal di seantero wilayah Indonesia. Bakso digemari beragam kalangan dan hadir dengan beragam cita rasa.

Sekilas kalau bicara bakso, orang lebih terbayang sebuah makanan kuah yang utamanya dicirikan dengan bulatan-bulatan berisi kombinasi tepung dan daging. Itulah bayangan dan pemahaman kalau mengingat bakso.

Tetapi bakso yang diracik Mas Hadi tidak hanya seperti itu. Sajian bakso Mas Hadi memiliki kekhasan berupa tengkleng dengkul sapi.

Mas Hadi pada Sabtu (5/5) mulai membuka lapak baksonya di gerai makanan yang ada di Jalan Tri Satya Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat. Untuk hari pertama masa penjualan, baksonya digratiskan untuk masyarakat.

Masyarakat pun berdatangan untuk merasakan cita rasa bakso yang mengusung "brand" Bakso Tengkleng Dengkul Sapi "Mas Hadi" itu. Dalam waktu beberapa jam baksonya pun ludes.

Beberapa pengunjung mengaku terkesan dan baksonya dinilai enak. Berbeda dengan bakso umumnya, warga merasakan ada sensasi baru berupa dengkul sapi dalam sajian baksonya.

Dengkul sapi yang disajikan dalam bakso di sini bukan berbentuk daging atau urat dan sumsum dengkul sapi. Tetapi dengkul sapi disajikan dalam bentuk cacahan.

Karena itu di dalam mangkok masih tersaji cacahan dengkul sapi yang masih diliputi daging dan urat dengkul. Selain itu juga ada sumsum dan tulang muda.

Inilah yang membedakan bakso di sini dengan cita rasa di lapak atau gerai bakso lainnya. Dari namanya saja sudah jelas bahwa bakso di sini dikombinasikan dengan dengkul sapi yang sudah dimasak.

Bakso umumnya berupa sajian makanan berkuah hasil adonan tepung dan daging yang digiling lembut. Kuliner di lapak bakso ini memiliki sensasi tersendiri bila ada daging, urat, ulang muda dan sumsum yang masih menempel di tulang-tulang dengkul.

Cara memasak cacahan dengkul sapi yang tepat menjadikan daging terasa lembut dan gampang lepas dari serpihan tulang dengkul. Inilah sensasinya, yakni makan bakso tetapi juga ada kombinasi tulang dengkul yang masih ada dagingnya.