nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masjid Niu Jie Jujukan Favorit Wisatawan Indonesia, Ini Alasannya

Agregasi Antara, Jurnalis · Minggu 06 Mei 2018 08:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 06 406 1894998 masjid-niu-jie-jujukan-favorit-wisatawan-indonesia-ini-alasannya-0SJIDl2OCt.jpg (Foto: BBC)

BEIJING - Masjid Niu Jie yang terletak di Kota Beijing, China, selalu menjadi jujukan atau lokasi wisata favorit bagi wisatawan asal Indonesia yang berkunjung ke negara tersebut, setelah Great Wall atau Tembok China.

Tokoh Muslim setempat Liu Shoupeng di Beijing, mengakui dirinya selalu mendapat kunjungan wisatawan Indonesia ke masjid tersebut, dan melakukan salat beberapa rakaat.

Bahkan, dirinya juga sering ditanyai mengenai perkembangan Muslim di China, serta diundang Konjen Indonesia di Tiongkok untuk datang menghadiri sebuah acara.

Ia mengakui, hubungan baik selalu terjaga antara komunitas Muslim dengan keseluruhan masyarakat di China, bahkan ketika saat ini era keterbukaan informasi dibuka pemerintah setempat, beberapa jurnalis sering mencari informasi perkembangan sejarah mulainya Muslim di China melalui Masjid Niu Jie.

(Baca Juga: Pangeran Arab Berumur 61 Tahun Nikahi Gadis Belia, Maharnya Bikin Tercengang!)

Ia mengakui, ketertarikan wisatawan Indonesia dan beberapa negara Muslim terhadap Masjud Niu Jie dikarenakan banyak tokoh besar Muslim dunia yang berkunjung ke China selalu menyempatkan salat di masjid tersebut, termasuk beberapa waktu lalu Presiden Indonesia Joko Widodo.

Selain itu, Masjid Niu Jie merupakan masjid terbesar di Beijing yang menjadi titik awal masuknya Islam di daratan China.

Ia mengatakan, di China ada 72 masjid serupa, dan selalu berkomunikasi dengan baik antara satu sama lainnya dengan jumlah total Muslim khusus di Beijing sekitar 50 ribu orang. Pemerintah China, kata dia, juga bersahabat dengan Muslim setempat.

Berdasarkan catatan Wikipedia, Masjid Niujie dibangun pada 996 pada masa Dinasti Liao (916-1125) dan merupakan masjid tertua dan terbesar di Beijing.