4 Hal yang Bikin Anda Sulit Tidur di Malam Hari, Apa Saja?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 07 Mei 2018 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 06 481 1895068 4-hal-yang-bikin-anda-sulit-tidur-di-malam-hari-apa-saja-03dB6HFyV4.jpg (Foto: ScienceAlert)

TIDUR merupakan saat di mana tubuh beristirahat total setelah seharian beraktivitas. Tidur yang kurang berkualitas mungkin bisa berakibat buruk pada kehidupan Anda, termasuk membuka peluang penyakit untuk bisa lebih mudah menyerang.

Dilansir Mensjournal, Minggu (6/5/2018), masalah kesulitan tidur di malam hari tidak hanya dialami satu atau dua orang. Kabarnya, 30 persen dari pekerja pria asal Amerika tidur malam hari kurang dari enam jam.

Data tersebut berdasarkan sebuah studi dari National Institute for Occupational Safety and Health. Padahal, sebagian besar pria membutuhkan delapan jam tidur.

“Masyarakat kita tidak menghargai tidur, itu dianggap tidak produktif atau boros,” kata David Sack, psikiater dan CEO Promises Treatment Centers di Malibu dan Los Angeles.

Ia mengatakan, salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan pria untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan adalah mengenali tidur adalah bagian penting dari paket kesehatannya secara keseluruhan. Bahkan, bila perlu, seseorang harus merencanakan atau membuat jadwal untuk bisa tidur dengan waktu yang cukup.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Anda sulit tidur di malam hari.

1. Latihan Jelang Tidur Malam

Mengangkat beban atau barbel, berjalan di treadmill meningkatkan tingkat dopamin. Selain dikaitkan dengan kesenangan, dopamin juga terhubung dengan penyabot tidur (sleep saboteurs) seperti gerakan dan perhatian.

 

“Olahraga menjelang tidur dapat membuat lebih sulit untuk tidur, karena itu dapat membuat Anda terlalu waspada,” kata Sack.

Baca juga: Ini Cara Unik dan Keren Mengikat Tali Sepatu

2. Minum Terlalu Banyak Kafein

Kafein bisa merangsang energi dan hal ini baik bila diminum di pagi hari atau sebelum berolahraga. Akan tetapi, kafein bisa membuat Anda sulit tidur bila Anda terlambat meminumnya, misalnya ketika jam 2 siang.

“Banyak orang mungkin menelan lebih banyak daripada yang mereka sadari, karena itu ada di banyak hal selain kopi,” kata Sack.

 

Anda bisa memeriksa label minuman energi atau suplemen lainnya, seperti Hydroxycut, untuk melihat apakah itu mengandung bahan 'penghancur' tidur.

Baca juga: Inilah 5 Wajah Pria Paling Tampan di Dunia yang Pesonanya Tak Pernah Luntur

Selain itu, Anda juga perlu waspada terhadap obat penurun berat badan, termasuk inula racemosa yang mungkin mengandung kafein.

3. Tidak Menjauhi Ponsel

Ponsel boleh jadi dipakai mulai dari bangun di pagi hari hingga malam hari. Bahkan, ketika seseorang hendak tidur, benda yang satu ini selalu setia menemani Anda sesaat sebelum tidur.

Tidak jarang pula seseorang masih meletakkan ponsel di dekatnya ketika tidur agar memudahkan ketika terbangun, kemudian memeriksa email atau pesan masuk. Meletakan perangkat telekomunikasi di dekat Anda mungkin akan berpotensi mengganggu kualitas tidur Anda.

"Ini hanya membuatmu lebih sulit untuk mematikan otakmu ketika waktunya tidur," kata Sack.

4. Terlalu Sering Melihat Televisi

Cahaya televisi, video games atau iPad bisa mengelabui tubuh Anda dengan berpikir bahwa itu adalah pagi dan bukan menjelang tidur.

“Menyinari sinyal ke otak kita bahwa sudah waktunya untuk bangun, jadi jika Anda menonton TV menjelang tidur, itu dapat mengganggu tidur Anda,” kata Phyllis Zee, direktur Sleep Disorders Center di Northwestern Memorial Hospital, Chicago.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini