Menu-Menu Favorit Presiden RI Disajikan di Restoran Berkonsep Istana Merdeka Ini

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 07 Mei 2018 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 07 298 1895524 menu-menu-favorit-presiden-ri-disajikan-di-restoran-berkonsep-istana-merdeka-ini-z9w4DRRBTo.jpg Menu turun-temurun di restoran (Foto: Wikanto/Okezone)

MENGHADIRKAN suasana seperti Istana Merdeka. Begitu konsep yang diusung Restoran Teras Istana yang terletak di kawasan Tanah Kusir, Jakarta Selatan, ini.

Manajer In Charge, Destya Wibowo mengatakan, konsep tersebut dipilih agar pengunjung yang belum pernah masuk ke Istana Merdeka dapat merasakan suasana kediaman sekaligus kantor resmi Presiden RI tersebut.

Demi mendukung konsep, restoran benar-benar dibuat seperti suasana istana, mulai dari dekorasi yang menampilkan foto-foto Presiden RI mulai Soekarno hingga Joko Widodo, dan seragam para pramusaji yang mirip dengan paskibraka.

 (Baca Juga: 3 Macam Dessert Lezat dari Pisang, Cocok Dilahap Setelah Makan Malam)

Restoran milik penyanyi Vidi Aldiano itu menyajikan delapan menu andalan (signature) yang merupakan gabungan dari makanan ala Indonesia dan Barat. Salah satu yang ditawarkan adalah Hutspot Batavia yang merupakan resep turun-temurun.

"Makanan ala Belanda ini merupakan resep turun dari mbah buyut kami, Sumijati Djojosuksastro, yang pernah bekerja sebagai juru masak di Belanda," ujar Destya Wibowo kepada Okezone, Senin (7/5/2018).

Hutspot Batavia menawarkan rasa daging iga yang empuk hingga terasa lumer di mulut. Selain itu, rasa gurih yang berasal dari ubi ungu sangat terasa. Menurut Destya, menu tersebut dipilih karena tidak banyak orang yang mengenal Hutspot Batavia sebelumnya.

  (Baca Juga: Siapkan Capcay Hati Ampela dan Hati Ayam Rempah untuk Menu Makan Malam yang Spesial)

"Kami memilih menu ini sebagai unggulan karena saya yakin belum banyak orang yang tahu Hutspot Batavia ini seperti apa juga tidak banyak 'kan di sekitar sini yang memakai ubi ungu dalam menunya," kata Destya.

Hutspot Batavia memiliki bahan dasar yakni iga sapi, kentang, kol, jamur, buncis, sosis, dan keju cheddar. Chef Teras Istana, Michael, mengaku tantangan dalam memasak menu tersebut ada pada iga. Salah penanganan akan membuat iga menjadi kerasa alih-alih lembut seperti yang diinginkan.

Selain Hutspot Batavia, restoran juga menawarkan menu-menu makanan yang disukai oleh para Presiden RI seperti sayur asam kesukaan Bung Karno dan sayur lodeh kesukaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini