nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Vape KW Dipakai Anak-Anak, Bagaimana Bentuknya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 07 Mei 2018 11:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 07 481 1895232 viral-vape-kw-dipakai-anak-anak-bagaimana-bentuknya-hGPWcGVXkf.jpg Ilustrasi Vape. (Foto: Reuters)

KEBERADAAN vape atau rokok elektrik masih kontroversial di negara ini. Banyak pihak membolehkan sebagai upaya menghentikan kebiasaan rokok konvensional, namun tidak sedikit juga yang menolak keberadaan vape dengan berbagai alasan.

Kasus vape bukan hanya menyoal keberadaannya, tetapi juga siapa yang menggunakannya. Ya, apakah Anda masih ingat kasus bocah merokok vape dan disebarkan di Youtube? Si bocah berniat untuk memberikan tutorial penggunaan rokok vape, dan bagaimana dia mencipta bentuk asap yang unik.

Kasus ini pun mengkhawatirkan banyak orangtua. Bagaimana pun, kebiasaan merokok sekalipun menggunakan vape tidak selayaknya dilakukan oleh anak di bawah umur. Bahkan, beberapa penelitian membuktikan bahwa merokok bisa memperpendek usia seseorang.

Baca Juga: Ladies, Mau Cepat Hamil? Kurangi Makanan Jenis Ini

(Foto: Instagram)

Nah, kasus vape pun kembali menyeruak. Kini muncul isu vape low budget. Ya, rokok elektrik ini dibuat dengan mengombinasikan fitting lampu dan korek api. Video Instagram @ramebareng coba menampilkan anak-anak yang menggunakan rokok elektrik jenis ini.

Di video ini, beberapa bocah terlihat sudah sangat mahir menggunakan alat tersebut. Bahkan, salah seorang di antaranya ada yang sudah bisa mencipta asap unik yang dianggap membanggakan tersebut. Di video Instagram itu terlihat juga pria dewasa yang memberikan nasihat kepada orangtua maupun guru di sekolah.

"Jika kalian melihat ada anak kecil membawa fitting lampu seperti ini (sambil menunjukan alatnya ke kamera), maka Anda mesti waspada. Coba di buka dan lihat apakah ada kapasnya atau tidak," kata si pria dewasa menasihati.

"Kalau ada, itu adalah rokok elektrik murahan yang kini banyak digunakan anak-anak. Biasanya kapas yang diselipkan di fitting lampu akan ditambahkan cairan khusus yang biasa digunakan untuk mem-vape," tambah dia.

Baca Juga: Diunggah ke Instagram, Intip Foto Putra Bungsu Pangeran William

(Foto: Instagram)

Jika dilihat sekilas, cara penggunaannya tidak begitu sulit. Setelah kapas diberikan cairan vape dan diletakkan di fitting lampu, maka sundutkan rokok ke bagian luar fitting dan asap pun langsung ngebul.

Keberadaan vape semacam ini tentunya berbahaya jika terpapar anak-anak. Selain dari cairan tersebut, alat yang mereka gunakan juga bisa saja berisiko meledak atau semacamnya. So, lebih aware lagi terhadap fenomena ini ya.

Kalau kamu mau lihat videonya, bisa klik di sini

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini