nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Balita Harus Sering Diajak Berenang, Ini Alasannya!

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 07 Mei 2018 16:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 07 481 1895371 punya-balita-harus-sering-diajak-berenang-ini-alasannya-MxMczVdTxP.jpg Ilustrasi bayi berenang (Foto: Shutterstock)

PERKEMBANGAN zaman turut memengaruhi cara orangtua untuk mengasuh anak. Adanya kemudahan mengakses informasi dan media sosial menambah wawasan orangtua tentang pola asuh. Tak jarang sejumlah orangtua ingin mencoba mengasuh anaknya dengan mengikuti pola tersebut.

Salah satu hal yang beberapa waktu lalu ramai digandrungi adalah mengajak balita belajar berenang. Ya, berenang memang merupakan kegiatan yang digemari anak kecil. Terutama mereka yang senang bermain air. Tapi lebih dari itu, berenang ternyata membawa dampak positif bagi perkembangan anak bila sering dilakukan pada anak usia di bawah 5 tahun.

  (Baca Juga: Youtuber Ini Rela Makan Roti Isi Bulu Kemaluan Demi Rayakan 400 Ribu Subscribers)

Melansir Pop Sugar, Senin (7/5/2018), berenang pada anak balita dapat membuat mereka memiliki IQ yang lebih tinggi dibanding teman-temannya yang baru rutin berenang saat sekolah. Hasil ini didapatkan setelah para ahli dari Griffith Institute for Educational Research melakukan penelitian selama empat tahun.

 (Baca Juga: Perokok Pemula Usianya Makin Muda, Target Pemerintah Turunkan Prevalensi Merokok Sulit Tercapai)

Dari hasil penelitian itu diketahui bila rangsangan sensorik atau motorik awal di air cenderung berkontribusi terhadap perkembangan kognitif lanjutan dan kecerdasan yang lebih tinggi. Kemampuan motorik pada anak memang sebaiknya sudah mulai mendapatkan stimulasi sejak usianya menginjak satu tahun. Terlebih di usia 5 tahun pertama anak bisa menyerap hal-hal yang dipelajari secara lebih cepat.

 

(Foto: Shutterstock)

Selama ini berenang memang sering dikaitkan dengan fisik. Anak yang sering berenang dikatakan pertumbuhan fisiknya akan lebih optimal. Maka tak heran saat hasil penelitian ini dikemukakan banyak orangtua yang merasa terkejut.

  (Baca Juga: 5 Khasiat Daun Binahong, Nomor 3 Sering Dibuktikan Banyak Orang)

Berdasarkan laporan penelitian, lebih dari 80% orangtua yang menjadi partisipan tidak tahu jika perkembangan kognitif turut dipengaruhi oleh cara belajar anak untuk berenang sebelum usia 5 tahun.

Selain itu, 86% orangtua terkejut dengan fakta yang menunjukkan berenang dapat membantu anak mengembangkan ekspresi oral. Dengan adanya hasil penelitian ini, maka orangtua tidak perlu ragu lagi untuk membawa anak mereka berenang sesering mungkin atau mendaftarkannya ke kelas renang.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini