nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masak Daging dengan Minuman Soda Bikin Teksturnya Empuk? Ini Faktanya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 08 Mei 2018 20:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 08 298 1895957 masak-daging-dengan-minuman-soda-bikin-teksturnya-empuk-ini-faktanya-p5clsdtWqm.jpg Daging (Foto: Epicurious)

BAGI Anda yang hobi dan suka memasak, pasti cukup familiar dengan salah satu trik rahasia memasak satu ini. Yakni masak daging dengan minuman bersoda dikatakan bisa membuat teksturnya empuk, apa benar?

Penggunaan trik tersebut ternyata tak hanya mitos. Sebagaimana diwarta Livestrong, Selasa (8/5/2018) disebutkan soda sering digunakan dalam proses memasak daging steak dan daging ayam yaitu tepatnya pada saat marinasi. Cara ini dianggap bisa memberikan rasa manis sekaligus rasa asam ke dalam lapisan-lapisan daging.

Baca Juga: Minuman Bersoda Tak Sama dengan Minuman Karbonasi, Ini Perbedaannya

Namun perlu diingat, penggunaan soda seperti kola tidak bisa digunakan untuk meluruhkan daging seutuhnya, sebab ada beberapa bumbu yang perlu ditambahkan agar hasilnya sempurna. Seperti tambahan bumbu kental berupa saus barbeku atau tomat yang bisa membantu melembutkan daging dan membuaatnya kaya rasa.

Agar cita rasanya tetap enak saat daging diolah, marinasi daging juga tidak boleh sembarangan. Minimal, direndam dalam bumbu sekira 8 jam. Atau bisa juga disesuaikan dengan berat daging yang dimarinasi.

Lalu bagaimana dengan tulang yang terdapat pada daging? Apakah bisa lunak juga? Ternyata hal itu hanyalah mitos. Tidak semua minuman soda bisa melunakkan tulang. Sebab, yang bisa melunakkan tulang hanyalah minuman soda dengan kandungan pH tinggi. Tingkat keasaman tersebutlah yang bisa mengikis kalsium pada tulang dan membuatnya jadi empuk.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini