Kenali Perbedaan Pilek dan Influenza

Sindonews, Jurnalis · Selasa 08 Mei 2018 12:26 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 08 481 1895766 kenali-perbedaan-pilek-dan-influenza-W1wGUGgfYp.jpg Ilustrasi. Foto: Abcnews

JAKARTA - Meski memiliki gejala yang sama, pada dasarnya pilek dan influenza merupakan kondisi yang berbeda. Karena itu, penyakit yang kerap datang ini tak bisa dianggap sepele dan harus mendapatkan penanganan yang tepat.

"Selesma itu batuk dan pilek sehari-hari. Sementara influenza disebabkan virus influenza. Demam karena influenza biasanya hingga 38 derajat Celcius (berlangsung hingga 4 hari)," kata Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF), Cissy B Kartasasmita.

Influenza memiliki beberapa gejala yang muncul lebih berat dibandingkan pilek, di antaranya demam, sakit kepala, sakit badan, nyeri, pegal, batuk, sakit tenggorokan. Selain itu, penderita influenza juga jarang bersin-bersin.

Ilustrasi Pilek Foto: Hellomagz

[Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Penyakit Flu Bisa Sebabkan Kematian!]

Jika dibiarkan, penyakit yang disebabkan virus influenza tersebut bisa menyebabkan komplikasi hingga kematian. Sementara World Health Organization (WHO) memperkirakan 500 ribu kematian disebabkan influenza terjadi setiap tahunnya.

"Nggak cuma salesma biasa, kalau penderita daya tahan tubuhnya tidak baik, bisa radang sinus, bronkitis, radang paru-paru, bisa radang teling. Komplikasi jarang terjadi dan berat seperti radang otak dan sakit ditukang dan otot, infeksi pada darah bisa terjadi kekambuhan penyakit lama seperti penyakit jantung kumat," tandasnya.

[Baca Juga: Virus Sering Berubah, Masyarakat Diimbau Vaksin Antivirus Influenza Setiap Tahun]]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini