nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebelum Donor Darah, Ini Syarat-Syarat yang Harus Dipenuhi!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 08 Mei 2018 16:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 08 481 1895822 sebelum-donor-darah-ini-syarat-syarat-yang-harus-dipenuhi-IDAh9LTzh2.jpg Ilustrasi donor darah (Foto: Dailydot)

PERAN darah bagi manusia, membuatnya begitu diperhatikan, hingga dibuat hari khusus peringatan Hari Palang Merah Sedunia, yang jatuh tepat pada hari ini. Hari Palang Merah Sedunia ini penting. Sebab, jika darah donor langka, maka secara otomatis, hidup seorang yang membutuhkan darah pun terancam.

Pentingnya darah dalam tubuh, tidak hanya sekadar cairan yang mengalirkan oksigen dan nutrisi bagi tubuh manusia. Tapi, juga sebagai salah satu sumber kehidupan yang manusia tidak bisa hidup tanpanya.

Baca Juga: Viral Meme SBMPTN, Hiburan di Kala Stres Hadapi Ujian

Dengan begitu dibutuhkannya darah bagi manusia, donor darah ada sebagai penyedia dan cadangan darah untuk orang-orang yang membutuhkan. Untuk bisa mendonorkan darah, ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi.

Merangkum dari berbagai sumber, pendonor darah harus berusia setidaknya 17 tahun, atau dibeberapa negara paling muda pendonor berusia 16 tahun dengan izin orangtua. Selain itu, syarat lainnya, pendonor harus memiliki berat badan paling ringan 49,8 kilogram, pendonor dalam keadaan sehat dan dibuktikan dengan pemeriksaan medis terlebih dahulu, tidak anemia, bebas hepatitis, tidak mengonsumsi obat-obatan atau suntikan nonresep, tidak berada dalam kelompok berisiko tinggi AIDS, dan beberapa sumber menyatakan orang yang pernah berhubungan seks sesama jenis tidak diperkenankan mendonorkan darahnya.

Lebih lanjut, panduan kelayakan lainnya yang perlu diperhatikan oleh seseorang yang hendak mendonorkan darahnya, yaitu tekanan darah di bawah 180 sistolik dan 100 distolik saat akan mendonorkan darahnya. Bagi orang-orang yang sempat menindik pusar, hidung, lidah, dan bahkan kelamin dalam kurun waktu 12 bulan terakhir sebelum mendonorkan darah, pun tidak diperkenankan untuk menyumbangkan darahnya, tapi diizinkan bagi yang menindik telinga.

 Baca Juga: Minuman Bersoda Tak Sama dengan Minuman Karbonasi, Ini Perbedaannya

Jika Anda sedang demam, flu, atau batuk yang berdahak, dianjurkan untuk memulihkan kesehatan terlebih dahulu. Selesaikan pengobatan, habiskan antibiotik.

Apabila Anda dalam keadaan sehat dan layak untuk mendonorkan darah, maka disarankan agar makan dan minum yang cukup terlebih dahulu sebelum melakukan transfusi darah. Makan dan minum setidaknya empat jam sebelum donasi darah dilakukan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini