Kulit Kamu Dehidrasi? Kenali 8 Cara Mengatasinya

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 08 Mei 2018 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 08 481 1895946 kulit-kamu-dehidrasi-kenali-8-cara-mengatasinya-cGyw2yM0gC.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang yang tidak begitu sadar bahwasanya kulit, baik kulit di tubuh ataupun wajah juga termasuk dalam kategori organ tubuh. Kulit, sebagai organ tubuh paling luar dan paling besar ini tidak disadari dalam sehari-hari juga tidak luput mengalami apa yang namanya dehidrasi.

Banyak orang yang sering salah kaprah soal dehidrasi kulit dengan kulit kering. Padahal, kulit yang dehidrasi dengan kulit kering adalah dua kondisi kulit yang berbeda.

Kulit kering adalah kondisi di mana kulit tidak memiliki minyak alami cukup. Biasanya, kulit kering ini jadi masalah kulit yang persisten. Sedangkan, dehidrasi kulit adalah kondisi kulit yang temporer, di mana kandungan pelembap yang biasanya terdapat di lapisan bawah kulit.

Ciri-ciri dehidrasi kulit yang bisa terasa, misalnya kulit akan terasa kaku kencang dan terlihat kasar di tampilan lapisan luarnya. Nah jika ini terjadi terus terhadap kulit Anda, berikut tujuh cara yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan dehidrasi kulit.

Baca Juga: Viral Meme SBMPTN, Hiburan di Kala Stres Hadapi Ujian


Image result for skin treatment, reuters

(Foto: Reuters)

1. Eksfoliasi yang pas

Eksfoliasi atau pelepasan epidermis dari kulit atau lidah, telah membuat kulit bisa dehidrasi. Pemakaian untuk eksfoliasi pun dituding sebagai biang keladinya. Gantilah produk scrub untuk eksfoliasi dari yang berbahan kimia ke produk scrub yang lebih alami, misalnya minyak zaitun dan bubuk kopi.

Selain mengganti produk scrub, ubah juga intensitas waktu mengeksfoliasi untuk tidak perlu sesering mungkin. Begitu juga dengan gerakan memijat saat eksfoliasi, lakukan eksfoliasi dengan gerakan memutar pelan alih-alih menggosok kulit dengan keras.


2. Jangan sering-sering berenang

Salah satu alasan kenapa kulit mengalami dehidrasi ketika berenang, adalah karena kontak yang terlalu sering dengan klorin di dalam kolam renang.

Zat klorin yang sangat keras untuk kulit, dapat menyebabkan kulit kita menjadi dehidrasi. Tidak ada pilihan lain selain menjauhi kolam renang atau setidaknya mengurangi intensitas berenang.

Baca Juga: Minuman Bersoda Tak Sama dengan Minuman Karbonasi, Ini Perbedaannya


Image result for swim, reuters

(Foto: Reuters)


3. Pasang humidifier di kamar tidur

Sirkulasi udara di rumah yang kering juga bisa membuat dehidrasi kulit loh! Salah satu solusinya bisa dengan menempatkan humidifier di kamar tidur Anda. Dengan ini maka kelembapan akan bisa kembali menguap di udara dan menolong kulit agar tidak menjadi dehidrasi.


4. Ganti sabun

Kebiasaan menggunakan sabun mandi dengan kandungan bahan-bahan yang keras untuk kulit, akan merusak kelembapan kulit bahkan menghilangkannya. Jika merasa kulit terlalu dan kaku setelah habis mandi atau membersihkan wajah, maka ini adalah saatnya untuk mengganti sabun tersebut dengan gentle cleanser.

5. Hindari penggunaan skincare menyengat

Sebisa mungkin pilihlah produk perawatan kulit atau skincare yang hanya mengandung 100 persen bahan-bahan alami, dan bahan-bahan organik karena akan terasa lebih nyaman untuk kulit.

Jika kerap mengalami kondisi dehidrasi kulit, hindari mengalami dehidrasi kulit lebih sering lagi dengan menjauhi pemakaian produk-produk skincare yang punya aroma sangat wangi (highly scented). Adanya aroma baik itu alami ataupun sintetis alias buatan sama-sama dapat menyebabkan kulit jadi dehidrasi.

6. Hindari sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat membuat kulit menjadi kering, jadi sebisan mungkin buat diri tidak terlalu banyak terkena paparan sinar matahari. Jangan pernah absen melindungi kulit dengan memakai sunscreen.

Baca Juga: Viral Meme SBMPTN, Hiburan di Kala Stres Hadapi Ujian

Image result for skin care, reuters

(Foto: Reuters)

7. Jangan mandi terlalu lama

Tahukah Anda bahwa ketika kulit sedang dehidrasi, berlama-lama mandi bukanlah ide yang bagus! Sebaliknya malah akan membuat kondisi kulit jadi makin buruk. Hindari mandi dengan waktu yang lama, dan turunkan suhu temperatur air menjadi suhu yang hangat. Mandi air panas yang lama malah akan mengikis kelembapan alami dari kulit.

8. Pakai pelembap

Ketika bagian lapisan kulit di dalam mengalami dehidrasi, bagian luarnya masih bisa terasa berminyak. Namun yang perlu diingat, Anda masih membutuhkan pemakaian moisturiser loh.

Pilih dan gunakan pelembap yang bebas minyak setiap habis mandi, cara ini bisa membantu untuk memberikan kembali kelembapan kulit tanpa harus membuat kulit terasa berminyak.

Jika kondisi dehidrasi kulit sudah cukup parah, Anda bisa menggunakan emulsifying moisturiser, yang membantu untuk mengunci kelembapan di dalam kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini