nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Didiet Maulana Keluarkan Koleksi Tenun ''Surya'' yang Kekinian Banget

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 13:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 09 194 1896268 didit-maulana-keluarkan-koleksi-tenun-surya-yang-kekinian-banget-eBRXoYHO6N.jpg Koleksi tenun surya Didit Maulana (Foto: Sukardi/Okezone)

KAIN wastra semakin punya hati di masyarakat Indonesia. Tidak hanya di negaranya sendiri, kain tradisional ini bahkan sudah banyak diekspor ke luar negeri. Pencintanya semakin luas.

Salah satu jenis kain wastra yang cukup populer adalah tenun. Kain ini yang kemudian menjadi salah satu identitas brand fashion Ikat Indonesia dalam setiap koleksi yang diciptakan.

Seperti yang baru saja diluncurkan kemarin, Selasa 8 Mei 2018. Designer Ikat Indonesia Didiet Maulana menjelaskan bahwa tema yang diusung untuk koleksi Mentari 2018 ini adalah "Surya". Bukan Ikat Indonesia jika tidak ada filosofi di balik penentuan tema koleksi yang berjumlah hampir 60 busana tersebut.

"Jika dilihat dari namanya, maka Anda akan berpikir tentang matahari. Benar, saya ingin menonjolkan sisi matahari yang memancarkan semangat dan keoptimisan. Karena dalam season Mentarj 2018, makanya tema ini juga dianggap cocok untuk menggambarkan konsep keseluruhannya," papar Didiet pada awak media saat konfrensi pers di Hotel Monopoli, Jakarta Selatan.

Baca Juga: 10 Selebritis Dunia Penyuka Sepatu Sneakers 'Murahan'

Didiet melanjutkan, identitas dari "Surya" adalah warna dan cuttingan yang super baru untuk Ikat Indonesia itu sendiri. Bicara mengenai warna, koleksi "Surya" dominan bermain di warna cerah dan berani. Warna-warna yang ditampilkan antara lain biru, hijau, kuning, merah, ungu, hingga gold. Tentunya, warna ini diambil dari matahari itu sendiri.

Kemudian, untuk cutting yang dimainkan, Didiet mengaku ini adalah terobosan terbaru bagi dirinya. Misalnya loose fit, cropped top, wide pants, high waisted pants, camp-collar shirt, dan beberapa koleksi baru seperti denim jacket. Bahkan, di koleksi Surya ini, Didiet mengeluarkan koleksi swim wear!

Baca Juga: Sepatu 'Gembel' Agnez Mo hingga Komentar Netizen yang Menohok

Ada sedikit cerita terkait dengan penentuan cuttingan baru ini. Menurut Didiet, ini adalah upaya peremajaan tenun itu sendiri dan supaya semakin banyak anak muda yang mengenakan pakaian dari bahan tenun.

"Team saya sekarang banyak yang anak muda. Kalau kalian ingin tahu, ada yang kelahiran 97 dan 98 juga, hal ini juga sejalan dengan Ikat Indonesia yang memang menyasar kaum urban sebagai pasarnya," sambung Didiet.

Jika dilihat dari beberapa koleksinya, Surya ini mengambil gaya casual urban. Apalagi dari cuttingannya yang memang sangat anak muda sekali. Kesan kekinian juga terlihat dari warna koleksinya yang terang namun tidak mencolok. That's good!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini