Masuk Usia 40, Wanda Hamidah Mulai Rutin Perawatan Kulit Wajah

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 22:12 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 09 194 1896510 masuk-usia-40-wanda-hamidah-mulai-rutin-perawatan-kulit-wajah-SPTrTatU8q.jpg Wanda Hamidah (Foto: April/Okezone)

CANTIK menjadi dambaan setiap perempuan. Meskipun definisi cantik setiap perempuan hampir sama, namun tidak semua kaum Hawa mengerti kebutuhan kulit mereka masing-masing, sehingga kerap menimbulkan masalah baru.

"Cantik dari sisi medis dan estetika ialah tampil apa adanya, enak dilihat, glowing itu semua mewakili, tapi yang lebih hakiki cantik menjadi diri sendiri dengan melakukan perawatan. Meskipun ingin lebih muda tetap diberitahu kebutuhannya apa. Hal seperti ini perlu diedukasi. Kita tidak boleh lengah sebab dengan bertambah usia kulit terjadi penurunan," ucap dr Ratna Widyaningsih Dipl. AAAM, dokter kecantikan, saat konferensi pers Inspirasi Cantik dan Modis ala Miracle Ever After di Fashion Legacy, Lippo Mall Kemang, Rabu (9/5/2018).

Menurut pemaparan dr Ratna, saat ini tengah berlangsung tren semua orang datang ke klinik kecantikan untuk mengubah bentuk wajah terlihat V shape. Wajar memang, sebab elemen terpenting dari kecantikan menurut dokter Ratna adalah bentuk wajah, yang sebenarnya dipengaruhi oleh ras dan keturunan.

"Misalnya bentuk wajah Marshanda yang sudah kelihatan bagus. Kita harus cantik dengan menjadi diri sendiri, tapi tidak boleh lengah sebab aging akan terus berjalan. Kita tidak bisa skip penuaan tapi bisa memperlambatnya," papar dokter Ratna.

wanda hamidah

Baca Juga: Sepatu 'Gembel' Agnez Mo hingga Komentar Netizen yang Menohok

Untuk bentuk wajah, perempuan dan laki-laki memiliki keinginan yang berbeda. Sebagian besar perempuan ingin bentuk wajahnya seperti segitiga terbalik, sedangkan laki-laki ingin berbentuk segitiga dengan tulang rahang tegas.

Tapi, dengan berjalannya waktu, bertambah usia, dan gaya gravitasi yang terjadi, bentuk wajah akan berubah jadi semakin terlihat kotak. Hal tersebut terjadi karena banyak perubahan dalam diri kita, seperti perubahan volume pipi, otot-otot mengalami atropi atau mengecil, lemak yang ada di atasnya jadi tidak maksimal atau turun, pipi menurun karena otot yang menyanggah sudah tidak bagus, dan kolagen juga berkurang karena faktor usia.

"Perubahan tukang akan terjadi, saat usia 25-35 tahun tulang masih tajam, tapi seiring bertambahnya usia tulang akan mengalami remodeling dan bentuknya akan berubah," lanjutnya.

Baca Juga: 10 Selebritis Dunia Penyuka Sepatu Sneakers 'Murahan'

Perawatan kulit wajah yang bisa dilakukan untuk memperlambat penuaan, di antaranya filler, botoks, tanam benang, dan lainnya, yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing individu. Salah seorang publik figur yang menyadari akan pentingnya perawatan kulit wajah ini adalah Wanda Hamidah.

wanda hamidah

Perempuan yang merupakan aktris dan politis Indonesia tersebut mengungkap mulai melakukan perawatan rutin bagi kulit wajahnya ketika usia sudah menginjak 40 tahun. Masih dalam kesempatan yang sama, perempuan berambut pendek itu mengatakan, ia kerap berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan perawatan bagi kulit wajahnya.

"Sebetulnya saya tipe yang tidak terlalu sering perawatan awalnya, paling facial saja. Tapi, saat sudah 40 tahun saya merasa butuh perawatan lebih dari itu," tuturnya.

Wanda memaparkan, dirinya paling khawatir saat harus melakukan perawatan kulit wajah. Ia tidak terlalu berani untuk memutuskan perawatan apa yang seharusnya dilakukan, untuk itu ia konsultasikan terlebih dahulu.

"Saya belum berani untum filler, tapi mungkin dua tiga tahun lagi. Sekarang saya selalu konsultasi dulu perawatan apa yang cocok," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini