nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Fakta Wow tentang India, Roket pertamanya Dibawa Menggunakan Sepeda

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 09:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 09 406 1896153 10-fakta-wow-tentang-india-roket-pertamanya-dibawa-menggunakan-sepeda-2JNQSMH87M.jpg Roket India Dibawa Menggunakan Sepeda (Foto: Wonderlist)

MENDENGAR kata ‘India’ hampir pasti orang Indonesia akan mengaitkannya dengan film Bollywood. Tidak salah memang. Sebab, industri film yang berpusat di Mumbai itu adalah salah satu sumbangsih India bagi dunia.

Akan tetapi, berbicara tentang India tidak melulu soal Bollywood beserta para aktor dan aktrisnya. Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, India punya beberapa fakta menarik, seperti keragaman budaya dan bahasa, mirip dengan Indonesia. Berikut 10 fakta menarik mengenai India, dinukil dari Wonderslist dan TheCrazyFacts:

1. Jumlah penduduk besar

Menurut data di situs livepopulation, populasi di India pada 2018 mencapai 1,2 miliar. Berdasarkan persebaran demografi, mayoritas warga India berada pada rentang usia muda dan produktif, yakni 10-14 tahun dan 20-64 tahun. China masih memegang rekor sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Akan tetapi, melihat proyeksi pertumbuhan penduduk, India diprediksi akan mengambil alih posisi China pada 2025.

2. Punya beragam bahasa

Hampir sama dengan Indonesia, India memang memiliki bahasa Hindi sebagai bahasa pemersatu. Namun, setiap wilayah juga memiliki bahasa tradisional sendiri. Bahasa gujarat, tamil, bengali, urdu, punjabi, adalah beberapa contoh dari bahasa tradisional yang dituturkan masyarakat India sehari-hari. Menurut The Ethnologue Lists, terdapat 415 bahasa yang dituturkan oleh masyarakat India selain Hindi dan Inggris.

3. Penduduk padat di kota-kota besar

Besarnya jumlah penduduk membawa konsekuensi tingginya akan kepadatan penduduk di kota-kota besar. Ibu Kota New Delhi saja sudah dihuni oleh 23,3 juta penduduk. Kota tempat industri film Bollywood berpusat, Mumbai, juga dihuni oleh 23 juta penduduk.

4. India kuno terpisah dari daratan Asia

India dahulu adalah sebuah pulau besar yang terpisah dengan daratan benua Asia sekira 100 juta tahun yang lalu. Namun, perlahan-lahan pulau tersebut bergeser dan sekira 50 juta tahun lalu, lempeng tanah India menempel dengan Asia hingga membentuk wilayah yang saat ini dikenal sebagai Pegunungan Himalaya.

5. Rempah-rempah

Selain Indonesia, India juga dikenal sebagai penghasil rempah-rempah terbesar di dunia. Menilik sejarah, bangsa Barat pernah menjadikan India sebagai patokan untuk membagi wilayah dunia menjadi dua, yakni Barat dan Timur. Pembagian tersebut tidak lain dan tidak bukan menyangkut soal komoditas rempah-rempah yang dahulu berharga lebih mahal dari emas. Saat ini, India berkontribusi pada 70% pasar rempah-rempah di dunia.

6. Jalanan di India mematikan

Bukan, bukan karena jalanan di India penuh racun atau dihuni oleh monster-monster mengerikan. Jalan raya di India sangat mematikan karena kecelakaan dengan jumlah korban yang banyak. Kecelakaan jalan raya terjadi karena beragam faktor. Di India, kecelakaan lebih sering terjadi karena buruknya pemeliharaan infrastruktur jalan raya serta perilaku pengemudi yang ugal-ugalan.

buruknya pemeliharaan infrastruktur jalan raya serta perilaku pengemudi yang ugal-ugalan.

7. Mangga

Jika Anda berpikir untuk menjadi seorang pedagang, ada baiknya menjalin kerjasama perdagangan dengan India, terutama untuk buah mangga. Sebab, mangga adalah komoditas dengan tingkat permintaan dan penawaran yang cukup tinggi.

Menurut data pada 2012, produksi mangga di India mencapai 15.250.000 ton. Angka tersebut sudah jauh lebih tinggi dibandingkan produksi mangga di China, Kenya, Thailand, Indonesia, Pakistan, Meksiko, Brasil, Bangladesh, dan Nigeria. Entah apa yang membuat warga India seakan begitu terobsesi dengan mangga.

8. Kereta Api

Mustahil berbicara India tetapi tidak menyinggung sistem transportasi kereta api. Gambar-gambar mengenai kepadatan penumpang kereta api di India amat mudah Anda temukan di mesin-mesin pencari.

Operator kereta api milik negara, Indian Railways, memiliki pegawai dengan total 1,4 juta orang. Jumlah pegawai operator kereta api itu saja sudah mengalahkan populasi beberapa negara seperti Mauritius, Islandia, Monako, dan Estonia. Bisa dibayangkan seberapa padatnya penumpang kereta api di India.

9. Roket pertama India dibawa dengan sepeda

Bayangkan Anda tengah mengayuh sepeda dengan barang bawaan sebuah roket yang bisa meledak sewaktu-waktu. India benar-benar membawa roket pertama mereka dengan sepeda yang dikayuh oleh satu orang secara bergantian melintasi beberapa wilayah alih-alih menggunakan truk atau moda transportasi lainnya.

Untungnya roket tersebut berhasil diantar dengan selamat. Selama 12 tahun setelah roket pertama diluncurkan, India sudah sukses meluncurkan lebih dari 350 roket ke udara.

10. Hiu di Sungai Gangga

Warga India menganggap Sungai Gangga sebagai sungai yang suci. Jutaan orang biasa mengikuti festival di Sungai Gangga yang diadakan setiap tahun, termasuk mandi di sungai tersebut. Namun, ada spesies ikan hiu langka yang menghuni Sungai Gangga. Warga India harus berhati-hati jika mengikuti ritual mandi di Gangga yang dipercaya dapat membersihkan diri dari dosa-dosa. Salah-salah bukan hanya dosa saja yang hilang, tetapi juga nyawa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini