nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengupas Taj Mahal, Makam Megah yang Mulai Terpapar Polusi

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 09:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 09 406 1896154 mengupas-taj-mahal-makam-megah-yang-mulai-terpapar-polusi-v5fDgty6Hx.jpg Taj Mahal. (Foto: Reuters)

SEORANG pria biasanya rela memberikan apa saja kepada orang yang dia cintai, bahkan setelah wanita tersebut sudah menutup usia. Tengok saja apa yang dilakukan kaisar asal India, Mughal Shah Jahan, untuk istrinya yang sudah meninggal.

Dia mengabadikan istrinya tersebut dengan membuat salah satu bangunan yang populer di seluruh belahan dunia, Taj Mahal. Butuh puluhan tahun untuk membuat bangunan megah yang berisikan makam sang istri tersebut.

Baca Juga: Viral Meme SBMPTN, Hiburan di Kala Stres Hadapi Ujian

Image result for taj mahal, reuters

(Foto: Reuters)

Sejarah

Bangunan bersejarah yang nampak seperti masjid ini mulai dibangun pada 1632 dengan melibatkan sekira 22 ribu tukang batu, pemahat batu, penulis kaligrafi, dan pengrajin, yang berasal dari seluruh India dan Asia Tengah.

Pembangunan Taj Mahal seperti yang tertulis dalam laman Cultural India, Rabu (9/5/2018) menghabiskan waktu selama 22 tahun, dengan pembagian waktu 10 tahun untuk membangun makam utama, dan 12 tahun untuk menyelesaikan bangunan pendukung lainnya.

Taj Mahal tersebut dirancang oleh arsitek Ustad Ahmed Lahori, dibangun menggunakan bahan white marble untuk mausoleum utama dan red sandstone untuk memperkuat struktur dan aksen. Sementara, gaya arsitektur Taj Mahal berdasarkan pada Mughal.

Baca Juga: Minuman Bersoda Tak Sama dengan Minuman Karbonasi, Ini Perbedaannya

Image result for taj mahal, reuters

(Foto: Reuters)

Kisah Sedih

Terkenal sebagai salah satu keajaiban dunia, bangunan indah yang berada di Agra, India, ini adalah sebuah lambang cinta sejati, yang dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan, untuk mengenang belahan jiwanya yang telah meninggal dunia lebih dulu, yaitu Mumtaj Mahal.

Istri Shah Jahan tersebut menghembuskan napasnya setelah melahirkan anaknya yang ke-14, yaitu Gauhara Begum. Mumtaj Mahal meninggal pada 17 Juni 1631 masehi.

Shah Jahan merasa begitu kehilangan akan meninggalnya Mumtaj Mahal, karena dia adalah perempuan yang sangat dia cintai. Keindahan arsitektur dan kemegahan Taj Mahal dan kisah dramatis di baliknya, membuat keindahan Taj Mahal tidak pernah tersaingi.

Image result for taj mahal, reuters

Warisan dunia

Indah, megah, dan dramatisnya kisah Taj Mahal membuat bangunan yang didominasi dengan warna putih tersebut ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO (UNESCO World Heritage Site) pada 1983. Bangunan yang dijuluki pemata seni Muslim di India ini pun diakui sebagai salah satu mahakarya yang paling dikagumi di dunia.

Daya pikat Taj Mahal telah membawa setidaknya tujuh hingga delapan juta wisatawan setiap tahunnya. Fakta lainnya, Taj Mahal juga didapuk sebagai pemenang dari New 7 Wonders of The World List Initiative antara 2000 dan 2007.

Baca Juga: Musim Panas Tiba, Ini 5 Festival Layang-Layang di Indonesia yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Image result for taj mahal, reuters

(Foto: Reuters)

Ancaman polusi

Sayangnya, seiring dengan bergulirnya waktu, eksistensi dan keindahan Taj Mahal bisa terancam dari bahaya polusi udara. Hasil survei pemerintah India mengungkapkan, tingkat polusi udara di Kota Agra yang meningkat secara signifikan selama beberapa tahun terakhir bisa berdampak buruk bagi Taj Mahal.

Akibatnya, marmer putih Taj Mahal terlihat semakin menguning. Selain itu, sungai Yamuna yang berada di kawasan Taj Mahal juga tercemar oleh limbah, yang berasal dari limbah yang tidak diolah dan limbah padat yang dibuang langsung ke sungai. Akibat dari limbah tersebut, sungai menjadi tercemar dan saluran pembuangan tersumbat.

Karenanya, pemerintah India pun akhirnya melaarang kendaraan bermotor beroperasi pada jarak 500 meter dari Taj Mahal. Mereka pun memasang layar LED yang menginformasikan jumlah pencemaran udara yang terjadi di kawasan tersebut, dan masih banyak upaya lainnya.

1
2

Berita Terkait

Taj Mahal

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini