nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Destinasi Wisata Terpopuler di India, Kuil Emas hingga Danau Berlatar Himalaya

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 20:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 09 406 1896400 5-destinasi-wisata-terpopuler-di-india-kuil-emas-hingga-danau-berlatar-himalaya-BC11r3rhov.jpg Taj Mahal. (Foto: Reuters)

INDIA menjadi salah satu negara di Benua Asia yang memiliki tujuan wisata indah, populer, dan eksotis budayanya. Untuk itu, sebelum mengunjungi India, ada baiknya bagi Anda agar mempelajari budaya dan nilai yang dianut warga lokal India.

Menjadi nagara yang masih menyimpan kebudayaan dan adat istiadat yang cukup kental, India patut Anda masukan dalam daftar negara tujuan saat liburan nanti.

Tempat-tempat populer di India

1. Taj Mahal

Bangunan pemakaman yang indah ini dibangun atas dasar bentuk rasa cinta seorang kaisar bernama Shah Jahan pada permaisurinya, Mumtaj Mahal. Taj Mahal merupakan salah satu alasan utama wisatawan datang berkunjung ke India, khususnya Agra.

2. Golden Temple, Amritsar

Golden Temple atau kuil emas yang berada di Amritsar juga menjadi destinasi wisata kedua setelah Taj Mahal. Kuil tersebut juga termasuk dalam tujuan yang populer bagi wisatawan yang tertarik secara spiritual.


Baca Juga: 4 Ilmuwan Dunia yang Masuk Islam karena Riset Ilmiah Mereka

Image result for taj mahal, reuters

(Foto: Reuters)

3. Danau Naini, Nainital

Nainital dengan danau dan pemandangannya yang berupa pegunungan Himalaya menjadi tempat yang sempurna untuk duduk, bersantai, dan menikmati megahnya pegunungan. Selain bersantai, para pelancong juga bisa menikmati pemandangan dengan naik perahu menyusuri danau.

4. Ooty

Ooty merupakan kotal kecil yang berada di sebuah bukit yang cukup populer dan menjadi tujuan wisata. Ooty bisa menjadi tempat yang sempurna bagi wisatawan yang mencari tujuan wisata yang tenang dan damai. Pasalnya, Ooty memiliki suhu udara yang dingin, suguhan teh terbaik di India, dan pemandangan kebun teh yang luas.

5. Hawa Mahal, Jaipur

Hawa Mahal berada di Kota Jaipur bersama dengan Jantar Mantar, yang memamerkan arsitektur dari zaman dahulu. Selain itu, di Jaipur para pelancong juga bisa melihat jalan-jalan yang memiliki suasana perpaduan antara masa lalu dan masa kini.

Baca Juga: Kisah Bertahan Hidup yang Mengagumkan, dari Potong Tangan hingga Minum Darah


Image result for Hawa Mahal, reuters  

(Foto: Reuters)

Namun, sebelum Anda masuk ke India, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda rencanakan. Jangan sampai, liburan Anda di sana malah tidak nyaman karena satu dan lain hal.

1. Ketahui persayaratan masuk

Anda harus memiliki paspor, visa, dan tiket pesawat pulang-pergi. Jika Anda berkunjung sebagai turis dan waktu kunjungan tidak lebih dari 30 hari, ajukan permohonan Otorisasi Perjalanan Elektronik (ETA), ajukan permohonan online sebelum kedatangan.

2. Rencanakan perjalanan berdasar cuaca

India memiliki kondisi cuaca yang beragam. Meskipun secara umum memiliki empat musim, panas, dingin, hujan, dan pasca hujan, tetap saja pelancong harus mengetahui cuaca yang cocok untuk diriinya datang berkunjung.

3. Pelajari beberapa kata dasar dalam bahasa lokal

Bahasa Inggris sudah dipahami dan umumnya digunakan oleh warga lokal. Tapi, Bahasa Hindi tetap menjadi bahasa utama yang juga dipahami secara umum, untuk itu turis harus mempelajari beberapa kata dasar, seperti Namaste: hello/selamat tinggi, shukriya/dhanyawad: terima kasih, theek hai: baik-baik saja atau OK, haan/haanji: ya, nahi: tidak, kripya: tolong, dan sebagainya.

Baca juga: Dilema Kebanyakan Makan Telur? Ini Hasil Penelitian Ahli Gizi

Image result for india, reuters

(Foto: Reuters)

4. Menjaga kesehatan

Makanan India sedikit memiliki cita rasa yang tajam, bisa membuat perut seakan berputar bagi yang tidak cocok. Makanlah dengan makanan yang baru dimasak, minum dari botol air yang masih disegel, kenakan syal atau masker selama di jalanan, bekali diri dengan obat diare, sakit kepala, dan lainnya.

5. Berpakaian sesuai kebiasaan warga lokal

Di India ada beberapa tempat yang dianggap sakral atau suci dan mengharuskan pengunjungnya berpakaian sopan atau sesuai dengan adat setempat. Ada aturan yang harus ditaati, seperti berpakaian sopan, menutup kepala dengan kerudung atau syal, dan melepas sepatu sebelum masuk.

Selain itu, ada beberapa etika yang harus Anda ketahui seputar India. Jangan sampai Anda dianggap tidak sopan hanya karena Anda tidak mengetahui budaya sekitar.

1. Etika di kuil

Selalu melepas alas kaki sebelum memasuki tempat ibadah di India dan jangan mengenakan pakaian yang terbuka. Hormati pula apapun kebudayaan, adat istiadat, dan upacara keagamaan yang ada di India.

2. Berpakaian sopan

Bagi turis perempuan wajib untuk mengenakan pakaian yang tertutup dan sopan, agar terhindar dari tindak pelecehan yang bisa saja dilakukan oleh pria lokal. Jaga diri dengan mengenakan pakaian sopan, tertutup, amati cara wanita setempat berpakaian, dan berlaku.

Baca Juga: 4 Ilmuwan Dunia yang Masuk Islam karena Riset Ilmiah Mereka

  Image result for taj mahal, reuters

(Foto: Reuters)

3. Kaki dan tangan

Bagi penganut agama Hindu di India, kepala lebih unggul dibanding kaki. Kaki dianggap kotor, jadi lepaskan sepatu atau alas kaki Anda sebelum masuk ke dalam bangunan, jangan menginjak apapun pun, dan segera ucapkan maaf jika tidak sengaja melakukannya.

Membungkuk dan menyentuh kaki orang tua merupakan bentuk rasa hormat. Jangan makan, memberi, dan menyentuh dengan tangan kiri, karena tangan kiri digunakan untuk membersihkan diri setelah buang air besar.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini