nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Bangunan Mirip Taj Mahal yang Fenomenal

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 21:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 09 406 1896429 5-bangunan-mirip-taj-mahal-yang-fenomenal-2lRVeZeYwx.jpg (Foto: Reuters)

BERBAGAI tempat wisata bisa dikunjungi karena memiliki pesona bangunan yang artistik, pemandangan yang indah hingga kuliner-kuliner yang menarik. Salah satunya ialah Taj Mahal yang terletak di India.

Taj Mahal ialah bangunan yang dibangun atas keinginan kaisar Mughal Shah Jahan untuk istrinya yang sudah meninggal. Ia mengabadikan istrinya tersebut dengan membuat bangunan yang kini populer di dunia.

Taj Mahal memiliki bentuk bangunan khas yang ternyata persis seperti bangunan di tempat lainnya. Apa saja bangunan yang memiliki keunikan seperti Taj Mahal, berikut daftarnya.

The Royal Pavilion, Brighton

Bangunan The Royal Pavilion menggabungkan budaya Inggris dan India. Bangunan tersebut masuk dalam daftar bangunan Grade 1 dan sebelumnya merupakan kediaman kerajaan Raja George IV.

Awalnya dibangun pada 1787 dan merupakan tempat peristirahatan pantai untuk raja dan kubah yang terkenal diciptakan oleh arsitek John Nash yang mulai membangun pada 1815.

 

Ratu Victoria, yang bukan penggemar bangunan atau Brighton, kemudian menjual gedung itu ke kota pada 1850 dengan biaya 53 ribu poundsterling.

Baca juga: 4 Ilmuwan Dunia yang Masuk Islam karena Riset Ilmiah Mereka

Taj Mahal, Bangladesh

Bangladesh juga rupanya memiliki bangunan persis Taj Mahal yang ada di India. Bangunan ini dinamakan Banglar Taj Mahal. Resmi dibuka untuk umum di 2008, bangunan ini kabarnya sempat mendapat protes dari warga India karena kemiripan dengan Taj Mahal.

 

Dibangun oleh sutradara kaya raya asal Bangladesh, Ahsanullah Moni, Banglar Taj Mahal dibangun karena Ahsanullah terinspirasi dari keindahan bangunan artistik tersebut yang ia kunjungi pada 1980.

Baca juga: Foto-Foto Ini Membuktikan Lelaki Makhluk yang Aneh

Taj of Deccan atau Bibi Ka Maqbara

Taj of Deccan atau Bibi Ka Maqbara merupakan makam yang berlokasi di Aurangabad, Maharashtra, India. Bedanya, Taj of Deccan dibangun demi mengenang seorang ibu, Dilras Banu Begum. Bangunan ini diyakini dibangun pada 1660 hingga 1661.

Taj of Deccan atau Bibi Ka Maqbara

Taj of Deccan atau Bibi Ka Maqbara merupakan makam yang berlokasi di Aurangabad, Maharashtra, India. Bedanya, Taj of Deccan dibangun demi mengenang seorang ibu, Dilras Banu Begum. Bangunan ini diyakini dibangun pada 1660 hingga 1661.

Taj Arabia, Dubai

Bangunan Taj Arabia ialah bangunan yang persis dengan Taj Mahal di India, namun ini merupakan hotel mewah bintang 6 di Dubai, Uni Emirat Arab. Hotel yang dibuka pada 2018 itu kabarnya memiliki ukuran 4 kali lebih besar ketimbang Taj Mahal.

Taj Mahal, China

Bangunan Taj Mahal rupanya dibuat replika atau bangunan tiruan yang terletak di sebuah taman hiburan Window of the World di Shenzhen, China. Bangunan tiruan ini menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi taman hiburan tersebut.

Tidak hanya replika Taj Mahal, taman hiburan di Negeri Tirai Bambu itu juga menghadirkan berbagai replika bangunan fenomenal lainnya.

1
7

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini