Jangan Anggap Sepele Kesemutan, Bisa Jadi Anda Kena Tumor

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 09 481 1896166 jangan-anggap-sepele-kesemutan-bisa-jadi-anda-kena-tumor-KC9rX6Bcl6.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

RASANYA hampir setiap orang pernah mengalami kesemutan. Kesemutan atau dalam istilah ilmiahnya parestesia adalah suatu kondisi di mana timbul perasaan mati rasa, gatal, tertusuk jarum, atau ada sesuatu yang merayap di kulit karena adanya tekanan. Sebagai contoh tidur di atas lengan dalam waktu lama atau duduk bersila.

Kesemutan biasanya akan hilang sendiri bila tekanan itu sudah terjadi. Namun, ada pula orang yang sering mengalami kesemutan dan terjadi dalam jangka waktu lama atau yang dikenal dengan nama parestesia kronis.

Hal tersebut tidak bisa dianggap remeh karena bisa menjadi pertanda sesuatu yang serius atau berbahaya. Melansir ActiveBeat, Rabu (9/5/2018), berikut bahaya yang perlu diwaspadai karena kesemutan:

Baca Juga: Viral Meme SBMPTN, Hiburan di Kala Stres Hadapi Ujian

(Foto: Shutterstock)

1. Radikulopati

Parestesia kronis sering menjadi tanda kerusakan saraf, salah satunya radikulopati. Radikulopati adalah suatu kondisi di mana akar saraf menjadi terkompresi, iritasi, atau meradang.

Penyebab paling umum dari kerusakan ini adalah tekanan pada saraf yang menimbulkan sensasi mati rasa. Penyebab lainnya adalah penyempitan saluran yang mengirim sinyal dari sumsum tulang belakang ke area tubuh lain, tumor, atau masalah lain di sumsum tulang belakang.

2. Hiperglikemia

Penyebab umum dari kesemutan adalah kadar gula darah yang terlampau tinggi atau dikenal dengan istilah hiperglikemia. Bila dibiarkan, hiperglikemia dapat menyebabkan kerusakan pada saraf perifer yang kemudian mengarah ke neuropati diabetik.

Kondisi ini menyebabkan gejala-gejala ringan seperti kesemutan, tertusuk jarum, atau bahkan mati rasa permanen (kelumpuhan). Setengah dari pasien diabetes umumnya mengalami beberapa bentuk kerusakan saraf karena kadar gula darah yang tidak terkendali.

Baca Juga: Minuman Bersoda Tak Sama dengan Minuman Karbonasi, Ini Perbedaannya


(Foto: Shutterstock)

3. Sindrom Carpal Tunnel

Saat saraf median yang mengalir dari lengan bawah ke bagian dalam tangan tertekan atau teriritasi, sindrom carpal tunnel dapat terjadi. Ada berbagai faktor risiko untuk kondisi ini antara lain diabetes, obesitas, dan gerakan berulang.

 

(Foto: Shutterstock)

4. Multiple Sclerosis

Parestesia kronis juga bisa menjadi indikasi penyakit multiple sclerosis. Umumnya kesemutan terjadi di wajah, tubuh, lengan, dan kaki. Skala kesemutan mulai dari ringan hingga mengganggu kemampuan bagian tubuh tertentu untuk berfungsi seperti kemampuan untuk berjalan, menulis, atau menahan objek.

5. Fibromialgia

Kesemutan juga merupakan gejala fibromialgia yaitu kondisi medis yang ditandai dengan nyeri kronis dan kepekaan meningkat. Kesemutan pada penyakit ini bisa menyebabkam kecemasan dan kegelisahan. Malah kesemutan dapat menyebabkan acroparesthesia atau kurangnya karbon dioksida.

 

(Foto: Shutterstock)

6. Neuropati beralkohol

Terlalu banyak meminum alkohol dapat menyebabkan masalah syaraf yang dikenal dengan nama neuropati beralkohol atau polineuropati beralkohol. Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa mengakibatkan komplikasi parah seperti cacat, sakit kronis, serta kerusakan pada tangan dan kaki. Tubuh akan kehilangan kemampuan tubuh untuk mendeteksi sensasi.

7. Hipotiroid

Kondisi ini terjadi karena kelenjar tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Hipotiroid yang cukup parah dan tidak tertangani dapat menyebabkan neuropati perifer.

Neuropati perifer adalah kerusakan pada saraf yang membawa informasi ke dan dari otak menuju sumsum tulang belakang (sistem saraf pusat) serta seluruh tubuh. Pada hipotiroid terjadi retensi cairan dalam jaringan yang kemudian memberi tekanan pada saraf.

(Foto: Shutterstock)

 

8. Penyakit Lyme

Kondisi ini juga berkaitan dengan neuropati perifer. Penyakit Lyme dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk memindahkan satu atau kedua sisi wajah .

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini