Dari Cuaca Panas Langsung Kena AC, Ini Bahayanya

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 09 481 1896172 dari-cuaca-panas-langsung-kena-ac-ini-bahayanya-myUJ7aUn2N.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA hari terakhir kondisi cuaca terbilang sangat panas. Terik matahari membuat orang tidak betah berlama-lama di luar ruangan. Kebanyakan memilih berdiam diri menghabiskan waktu di ruangan ber-AC yang udaranya lebih sejuk.

Akan tetapi, cara demikian sebenarnya tidak baik untuk kesehatan rambut dan kulit. Melansir Times Of India, Rabu (9/5/2018), ruangan ber-AC tergolong kering. Hal itu lantaran AC mengeluarkan kelembapan dari udara di ruangan.

Pendingin ruangan itu juga tidak selektif dalam menarik udara sehingga kelembapan dari kulit bisa ikut tertarik. Akibatnya hidrasi pada kulit menjadi berkurang sehingga membuatnya kering dan meregang.

Baca Juga: Kisah Bertahan Hidup yang Mengagumkan, dari Potong Tangan hingga Minum Darah

(Foto: Shutterstock)

Apabila kulit tidak cukup terlindungi untuk menahan tarikan tersebut, kekeringan konstan akan memengaruhi lapisan bagian dalam. Ketika kulit menjadi kering dan meregang, maka timbul rasa gatal. Orang-orang yang memiliki kulit kering biasanya menyadari bila kulit menjadi bersisik.

Hilangnya kelembapan kulit karena tarikan udara dari AC, sehingga tidak terhidrasi dengan baik juga dapat membuatnya mengelupas dan pecah-pecah. Selain itu, hidrasi kulit sangat penting untuk menjaga aliran darah dan mempertahankan elastisitas. Bila hidrasi kulit terus mengalami masalah, maka kulit akan menjadi berkerut. Kondisi ini mempercepat proses penuaan.

Baca juga: Dilema Kebanyakan Makan Telur? Ini Hasil Penelitian Ahli Gizi

(Foto: Shutterstock)

Masalah tidak berhenti sampai di situ. Ketika seseorang secara tiba-tiba masuk ke ruangan ber-AC padahal habis panas-panasan, maka terjadi perubahan iklim ekstrem secara tiba-tiba. Perubahan ini sangat menekan bagi tubuh termasuk kulit wajah. Akibatnya bisa terjadi degenerasi kulit dan timbul perasaan stres yang tidak baik untuk kesehatan.

Lantas bagaimana cara untuk mengatasi hal ini? Sebab tidak mungkin AC dimatikan begitu saja terutama di ruang publik seperti kantor dan pusat perbelanjaan. Kuncinya adalah hindari penggunaan AC di rumah sehingga kulit tidak perlu terlalu lama berhadapan dengannya. Atau bisa juga meletakkan mangkuk air di area sekitar AC.

Kemudian batasi penggunaan sabun dan air ke area kulit yang cenderung kering. Jangan lupa untuk menggunakan lotion berbasis air untuk menjaga kelembapan kulit terutama di area wajah, leher, tangan, siku, lutut, dan di mana pun dirasa perlu. Terakhir, hidrasi kulit dengan cara sering-sering meminum air.

Baca Juga: Kena Penyakit Langka, Gadis 5 Tahun Ini Punya Model Rambut Einstein

(Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini