nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alami Penuaan Dini? Kenali Penyebab dan Solusinya!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 14:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 09 481 1896279 alami-penuaan-dini-kenali-penyebab-dan-solusinya-v8t10UNOtM.jpg Ilustrasi (Foto: Theharleystreet)

PENUAAN dini merupakan salah satu masalah yang paling ditakuti oleh banyak orang. Sebenarnya penuaan itu akan berjalan secara alami seiring dengan pertambahan usia. Namun, saat ini usia bukanlah salah saktu faktor yang menyebabkan terjadinya penuaan dini.

Tak sedikit masyarakat dari golongan usia muda, mengalami penuaan dini di era modernisasi seperti saat ini. Ternyata banyak faktor yang memengaruhi penuaan yang akan sangat terlihat dari kondisi kulit mereka.

Pengeriputan dini, kondisi kulit yang kurang segar, kulit kusam maupun kering menjadi beberapa faktor yang menunjukkan gejala penuaan dini.

Dokter Pemerhati Kesehatan Kulit Biomedik Kekhususan Anti-Aging, dr. Ariana Suryadewi Soejanto, M. Biomed, menyarankan agar masyarakat melakukan pencegahan dini sebelum muncul gejala. Perawatan sebaiknya dilakukan sejak awal dengan prinsip antipenuaan. Penuaan terjadi secara umum dan semua organ aman mengalami proses tersebut.

 (Baca Juga: Si Merah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes Juga Baik untuk Diet)

"Yang paling mudah dilihat adalah kondisi fisik kulit. Kulit sendiri terbagi tiga lapis, epidermis yaitu cerah, halus, lembab; dermis yaitu kenyal dan kencang, dan hypodermis yaitu dalam," ujar dr. Ariana dalam sebuah acara baru-baru ini.

 

Kolagen dan elastin terdapat pada lapisan dermis. Kolagen merupakan serat yang menyokong kulit. Jika produksi kolagen menurun, bagian epidermis akan amblas sehingga muncul kerutan halus yang biasa disebut keriput.

Sementara elastin adalah struktur yang membuat kulit menjadi elastis. Pertambahan usia akan menyebabkan penurunan kolagen dan elastin. Oleh sebab itu penuaan adalah sesuatu yang alami bagi manusia yang lanjut usia.

  (Baca Juga: Menjadi Survivor, Ibu Chelsea Islan Kampanyekan Pentingnya Deteksi Dini Kanker Payudara)

Tapi Anda tidak perlu khawatir akan resiko penuaan dini. Ada beberapa cara yang dapat membantu Anda mengurangi gejala penuaan dini.

Sinar ultraviolet (UV), minuman beralkohol, polusi, zat adiktif, rokok dan asap rokok menjadi beberapa penyebab terjadinya penuaan dini. Selain itu, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dan kurang cocok dengan kulit, bisa menjadi masalah lain penuaan dini.

"Selain pengaruh dari luar diri, faktor keturunan seperti ras, genetik dan hormonal menjadi penyebab lain penuaan dini. Perempuan akan cenderung lebih cepat tua karena hormon yang dimilikinya lebih bervariasi dan sangat mempengaruhi kondisi kulit," lanjut dr. Ariana.

  (Baca Juga: Siklus Menstruasi yang Normal Itu Seperti Apa Sih?)

Selain itu faktor pikiran seperti frustrasi juga akan menyebabkan orang mengalami penuaan dini. Contohnya adalah saat tidak bisa tidur berdampak pada kantung mata dan kerutan di bawah mata yang akan muncul.

Jika hal ini berlangsung secara terus-menerus (kontinyu) akan membuat tubuh dan kulit menjadi kusam, kering dan banyak kerutan yang muncul.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu takut. Pasalnya, masih ada banyak cara untuk mengatasinya.

"Salah satu caranya adalah mencintai diri sendiri dan tetap percaya diri. Perawatan dari dalam dan luar juga harus dilakukan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak," ujarnya.

Makanan sehat, minum suplemen kulit dan menerapkan gaya hidup sehat, bisa menjadi solusi dari dalam tubuh untuk menghindari penuaan dini. Sementara menjaga kebersihan kulit, menggunakan nutrisi serum atau krim dan melindungi kulit dari paparan sinar UV, bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini