nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mandi Wajib Ternyata Bisa Kembalikan Semangat Bercinta, Lho!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 11:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 09 481 1896396 mandi-wajib-ternyata-bisa-kembalikan-semangat-bercinta-lho-gWiv9tTQqu.jpg Mandi (Hickman Supplies)

ANDA paham dengan baik bahwa setelah berhubungan badan, diwajibkan bagi orang beriman untuk membersihkan tubuh. Ini dimaksudkan agar semua najis yang masih menempel, bisa hilang dan tubuh kembali bersih.

Khusus mereka yang beragama Islam, mandi yang dilakukan tidak sekadar mandi. Mereka diwajibkan untuk "mandi junub" atau mandi wajib yang mana telah ada tahapan demi tahapan dalam melakukannya. Salah satu hal yang membedakan adalah terselipmya niat di awal sebelum mandi dan mengucapkan doa di setiap gerakan mandinya yang juga diatur urutannya.

 Baca juga: Awet Muda, Ini Rutinitas dan Rahasia Perawatan Wajah Maudy Koesnaedi Setiap Hari

Tapi, bicara mengenai mandi wajib, tahukah Anda kalau ternyata kewajiban yang satu ini tidak hanya bermanfaat menyucikan badan?

 

Dikutip dari beberapa referensi, ada hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dzar Al-Ghifary, bahwasannya Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Saat aku mandi junub (mandi wajib) maka seakan-akan hilanglah dari diri ini 2 beban berat, yakni rasa malas sebagai beban terberat, dan naiknya ruh ke alam luhur, lalu meningkatnya kemampuan untuk menyaksikan keajaiban ciptaan sang Khalik ketika bangkit dari tidur”.

 Baca Juga: Viral Meme SBMPTN, Hiburan di Kala Stres Hadapi Ujian

Dari hadist tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa mandi wajib dapat mengembalikan keceriaan dan vitalitas usai aktifitas biologis yang begitu menguras tenaga. Itu kenapa setelah Anda mandi wajib juga biasanya tubuh merasa lebih segar dan lebih bersemangat.

Untuk lebih jelasnya lagi, manfaat mandi wajib ini juga bisa dilihat dari kacamata kesehatan itu sendiri. Tidak bisa dipungkiri, yang namanya mandi itu membawa hal positif ke tubuh manusia. Apalagi mandi di jam-jam yang baik, seperti pagi dan sore hari.

 Baca juga: Minuman Bersoda Tak Sama dengan Minuman Karbonasi, Ini Perbedaannya

Dilansir dari The Health Site, salah satu manfaat mandi adalah merilekskan kembali otot tubuh yang kaku. Dijelaskan di sana bahwa saat tubuh dibanjur air, maka otot-otot yang tegang kembali rileks. Hal ini yang membuat Anda merasa lebih segar dan sehat setelah mandi.

Banyak ahli juga menjelaskan bahwa setelah Anda berolahraga, disarankan untuk mandi. Hal ini dimaksudkan supaya tubuh yang tadinya letih, tegang, atau kehilangan semangat, bisa kembali ke kondisi normal bahkan lebih baik.

Nah, jika dikaitkan dengan mandi wajib, jelas berkesinambungan. Anda paham bahwa bercinta adalah bentuk "olahraga" yang cukup menguras energi. Beberapa referensi menjelaskan bahwa bercinta itu sama saja dengan membakar kalori sekitar 350 kal. Hal yang menyenangkan, bukan?

Jadi, jangan pernah lupa untuk mandi wajib setelah bersenggama, ya!

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini