nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tips Pola Makan Sehat Bagi Penderita Hiperkolesterol hingga Jantung

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 20:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 09 481 1896407 4-tips-pola-makan-sehat-bagi-penderita-hiperkolesterol-hingga-jantung-hBwdkLmZyP.jpg Ilustrasi Sayuran. (Foto: Reuters)

HIPERKOLESTEROL merupakan suatu kondisi di mana jumlah kolesterol darah melebihi batas normal. Kolesterol sebetulnya unsur penting yang diperlukan untuk mengatur proses kimiawi di dalam tubuh.

Tetapi, jika kadar atau jumlahnya terlalu tinggi justru bisa menyebabkan terjadi aterosklerosis yang akhirnya akan berdampak pada penyakit jantung koroner.

Nah, cara terbaik untuk menghindari hiperkolesterol, hipertensi dan penyakit jantung adalah mengatur pola makan. Salah satunya dengan menjalankan diet seimbang yaitu, mengonsumsi makanan sehari-hari yang berkualitas dan mengandung berbagai zat gizi.

Baca Juga: Awet Muda, Ini Rutinitas dan Rahasia Perawatan Wajah Maudy Koesnaedi Setiap Hari


 

(Foto: Reuters)

Jumlahnya harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara optimal. Asupan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral harus seimbang dan kontinu.

Berikut ini beberapa tips pola makan sehat dan seimbang, sebagaimana dikutip dari buku Menu Sehat 30 Hari untuk Hiperkolesterol, Hipertensi, dan Penyakit Jantung, karya Ayu Bulan Febry Kurnia Dewi, Rabu (9/5/2018).

Konsumsi Makanan Rendah Lemak dan Rendah Kolesterol

Mengonsumsi susu tanpa lemak dan mengurangi konsumsi daging. Lebih baik mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh, daripada mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh.

Hindari penggunaan santan kental dan minyak goreng yang telah dipakai berulang-ulang, karena dapat meningkatkan kadar kolesterol. Kurangi konsumsi makanan yang digoreng.

Baca Juga: 4 Ilmuwan Dunia yang Masuk Islam karena Riset Ilmiah Mereka

Melihat Lebih Dekat Aktivitas Pedagang Sayur Mayur pada Dini Hari

Konsumsi Makanan Berserat

Perbanyaklah konsumsi makanan berserat seperti gandum, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan. Makanan ini sangat berguna karena dapat menyerap kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan

Misalnya dengan mengonsumsi buah-buahan seperti apel, jeruk, pepaya, wortel, stroberi, dan labu yang banyak mengandung antioksidan. Selain itu, buah-buahan tersebut juga mengandung vitamin C dan E yang dapat mencegah penyakit jantung. Vitamin C berperan mengatur metabolisme kolesterol dan pembentuk kolagen, yaitu serabut kuat yang merupakan jaringan ikat.

Kolagen sangat penting bagi struktur pembuluh darah, otot, dan bagian tubuh lain. Jika kekurangan vitamin ini, dampaknya akan melemahkan struktur pembuluh darah, jantung, dan otot jantung. Kondisi inilah yang dapat memicu terjadinya serangan jantung.

Baca Juga: Intip 3 Inspirasi Gaya Kamar Mandi Bernuansa Hitam

Image result for green food, reuters

(Foto: Reuters)

Kurangi Konsumsi Garam

Tubuh manusia hanya memerlukan garam kurang dari 5 gram (1 sdt) setiap hari. Begitu pula dengan penderita hiperkolesterol. Sementara untuk penderita penyakit jantung yang disertai hipertensi dan edema sebaiknya tidak menggunakan garam dapur dalam masakan dan hidangan sehari-hari. Sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan sedikit garam yaitu, 2-3 gram per hari (sekitar ½ sdt).

Selain itu, hindari pula konsumsi makanan asin seperti ikan teri, ikan asin, telur asin, petis, garam dapur, air kaldu blok, minyak ikan, saus tiram, sambal botolan, kecap asin, makanan kaleng, dan penyedap rasa. Pasalnya, jenis makanan ini diketahui memiliki kandungan natrium dan kalium yang cukup tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini