nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Era Milenial, Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Semakin Diandalkan

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2018 21:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 09 481 1896511 di-era-milenial-pelayanan-kesehatan-berbasis-teknologi-semakin-diandalkan-7fF4D5IJ5U.jpg Ilustrasi pelayanan kesehatan (Foto: FABU)

DI era milenial, hidup orang bergantung pada dunia teknologi. Sampai-sampai untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal pun harus akses lewat Internet.

Hal itu sangat sulit dipungkiri, pesatnya perkembangan teknologi membuat beberapa orang tidak boleh ketinggalan. Termasuk penyedia jasa layanan kesehatan seperti rumah sakit. Ada sistem yang mengatur dengan basis teknologi.

Pasien jadi tambah mudah mendapatkan layanan dan mendapatkan akses cepat. Pasien juga nantinya tidak perlu datang ke rumah sakit dan harus menghadapi antrean yang panjang.

 (Baca Juga: Makan Banyak Telur Tak Tingkatkan Risiko Serangan Jantung, Benarkah?)

Kalau sering mengantre datang ke rumah sakit untuk sekedar registrasi atau melakukan pembayaran, tentu membuat orang jadi malas. Karenanya, setiap rumah sakit seharusnya berusaha mengandalkan sistem teknologi yang canggih agar memudahkan pasien.

CEO Lippo Group yang membawahi Siloam Hospital Dr James T Riady mengakui, sistem pelayanan di bidang kesehatan semakin hari bertambah pesat. Majunya era digitalisasi bisa membuat orang jadi lebih praktis saat berobat atau sekedar konsultasi dengan dokter.

 

"Pada akhirnya dunia medis dan kesehatan akan bergeser ke dalam dunia digital. Itu artinya sistem digitalisasi sangat berperan," ujarnya kepada Okezone, Rabu (9/5/2018).

Dia menambahkan, dalam mengakses pelayanan kesehatan dari segi apapun, pasien kini mudah menggunakan situs daring dalam mencari informasi apapun di dunia kesehatan.

Smartphone bahkan saat ini benda yang tak pernah ketinggalan di bawa pergi kemanapun. Dengan mudahnya seseorang mengakses kebutuhan hidupnya, termasuk saat menjalani gaya hidup sehat.

Menurutnya, seseorang jadi lebih efisien mendapatkan informasi seputar kesehatan lewat dunia maya. Tapi Anda harus cerdas memilih untuk menghindari informasi hoax.

"Smartphone benar-benar menjembatani sistem digitalisasi pada lingkup kesehatan. Sehingga terciptalah efisiensi akses dan tingkat kepedulian bagi pasien dan keluarganya," terangnya.

 (Baca Juga: Madu Bisa Jadi Pertolongan Pertama Atasi Batuk Pilek pada Anak-Anak)

Sayangnya, perkembangan teknologi yang semakin pesat, sebagian masyarakat belum dapat menikmatinya. Ada beberapa kendala yang dihadapi, sehingga masyarakat belum puas atau mengalami hal lain.

"Teknik tidak hanya sebatas sistem dan data. Hal positif ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat, " pungkasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini