nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beda Metode Laundry dan Dry Clean yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 10 Mei 2018 17:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 10 194 1896742 beda-metode-laundry-dan-dry-clean-yang-mungkin-belum-kamu-tahu-08WQRU550E.jpg Cucian (Cleanmyspace)

KAMU pasti sering mendengar kata laundry dan dry clean. Keduanya merupakan metode mencuci pakaian yang praktis, dibandingkan harus menguras tenaga untuk mencuci pakaian di rumah.

Di Indonesia jasa penyedia layanan laundry dan dry clean sudah banyak. Bahkan, kamu tidak perlu merogoh kocek mahal karena harganya bersaing.

Baca juga: Punya Pasangan Penderita Lupus, Apa Pengaruhnya bagi Kehidupan Seks?

Sementara itu, laundry dan dry clean punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Tapi kedua metode tersebut sama-sama bisa merawat barang-barang kesayanganmu.

Ada juga perbedaan antara metode laundry dan dry clean yang mungkin belum kamu pahami. Co Founder Vivaglo Satrio Suryadi akan menjelaskannya lebih lanjut.

Dia mengatakan, jasa penyedia laundry sudah mulai menjamur, bahkan lebih hemat daripada harus melakukan dry clean. Tapi ada kekurangannya, terutama saat proses pencucian.

Baca juga: Terjun ke Bisnis Kuliner, Dwayne Johnson 'The Rock' Luncurkan Perusahaan Tequila

"Laundry masih menggunakan air dan detergen, sehingga masih ada kekurangan dalam merawat pakaian atau barang-barang lainnya," katanya, saat dihubungi Okezone.

Bahkan, metode laundry masih dianggap tidak ramah lingkungan dan memicu gangguan kesehatan. Detergen yang dipakai juga terkadang masih mengandung zat kimia, yang memungkinkan seseorang alergi atau menghadapi risiko lainnya.

Sementara itu, menurut Satrio, jika kamu ingin tetap aman dan item fesyen kesayanganmu awet, gunakan metode dry clean. Karena dalam proses pencuciannya, tidak menggunakan air dan detergen yang mengandung zat kimia.

"Dry clean merupakan cara mencuci pakaian tanpa air dan sabun yang berbahan kimia. Item fesyen yang boleh dicuci dengan metode ini antara lain pakaian, tas, sepatu dengan bahan-bahan sensitif, seperti kanvas," imbuhnya.

Baca juga: Mengenal Lupus, Penyakit Autoimun yang Rentan Menyerang Perempuan

Metode dry clean juga jauh lebih aman dari paparan zat kimia dan tentunya hemat air. Tetapi yang membuat orang malas menggunakan metode ini karena harus merogoh kocek sedikit mahal.

Dia menambahkan, sebaiknya kalau kamu punya item fesyen kesayangan yang bahannya cukup sensitif, boleh memanfaatkan metode ini. Misalnya sepatu atau tas berbahan kanvas atau suede, pakaian yang menggunakan bulu binatang, pakaian bermotif manik-manik, bludru, boneka atau jas yang berwarna terang, dan sebagainya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini