Sensasi Nasi Kebuli Timur Tengah dengan Cita Rasa Khas Jawa

Bramantyo (Okezone), Jurnalis · Kamis 10 Mei 2018 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 10 298 1896761 sensasi-nasi-kebuli-timur-tengah-dengan-cita-rasa-khas-jawa-Av0xGoeWQ5.jpg Nasi Kebuli sensasi Timur Tengah dengan citarasa khas Jawa (Foto: Bramantyo/Okezone)

JIKA ingin menikmati kuliner khas Timur Tengah, warga Solo tidak perlu lagi jauh-jauh ke negara asalnya. Sebuah warung kecil di seputaran jalan Perintis Kemerdekaan Solo ada warung nasi Kebuli yang selalu ramai di datangi pengunjung utamanya di jam-jam makan.

Meski warungnya tidak terlalu besar tapi jangan ditanya, penunjungnya selalu penuh. Selama ini resep masakan Timur Tengah kental dan kaya akan bumbu rempah yang kuat, namun ditangan koki yang asli Jawa, masakan khas Timur Tengah 'diramu' agar sesuai dengan lidah masyarakat Jawa, warga Solo khususnya yang dominan rasa manis di sentuhan kulinernya.

Rumah makan masakan khas Timur Tengah ini dikelola M Rodhi bersama istrinya, Sri Lestari yang biasa di panggil mbak Tari. Sayangnya Rodhi sedang tidak ada ditempat, dan hanya istrinya yang ada di warung.

Menurut Tari, resep spesial nasi kebuli yang dijual di warungnya merupakan warisan dari ibu mertuanya (mbah soleh) yang pandai memasak aneka menu makanan termasuk masakan khas Timur Tengah. Dengan resep Mbah Soleh bau 'prengus' daging kambing jadi hilang sama sekali.

"Awalnya belum buka warung seperti ini. Ibu sering membuat nasi kebuli untuk di makan sendiri atau diberikan pada teman dan saudara," jelas Tari kepada Okezone, Kamis (10/5/2018).

Karena rasa nasi kebuli sudah dimodif dengan lidah Jawa, banyak orang yang suka dan cocok masakan dari ibu mertuanya. Hingga akhirnya mereka menerima pasanan nasi Kebuli di rumah.

Baca Juga: Awet Muda, Ini Rutinitas dan Rahasia Perawatan Wajah Maudy Koesnaedi Setiap Hari

Pesanan yang semakin banyak akhirnya Tari dan suaminya sepakat membuka warung yang diberi nama Nasi Kebuli Mbah Soleh.

"Karena banyaknya permintaan dari pelanggan akhirnya kita buka warung di sini, pakai nama ibu mertua," lanjutnya.

nasi kebuli

Beragam menu masakan khas Timur Tengah Tengah disajikan di warungnya selain menu utamanya nasi Kebuli Kambing, ada juga menu lainnya seperti kambing goreng Maroko, nasi goreng kambing, roti prata dan roti maryam. Minuman andalan di warung nasi Kebuli Mbah Soleh adalah teh tarik, teh rempah dan kopi Arab.

Seporsi nasi kebuli berisi nasi berwarna kecoklatan yang sarat bumbu yang diatasnya ditaburi bawang goreng, ditambah beberapa potong daging kambing yang empuk dengan cita rasa gurih renyah.

Baca Juga: Akui Menyesal, Selebgram Ini Lelah Pamer Bokong Seksi Demi 'Puaskan' Followernya

Dan tak lengkap rasanya jika tidak disandingkan dengan acar mentimun dan nanas yang rasanya asam manis, sambal goreng kentang sangat cocok di sandingkan dengan nasi kebuli kambing.

Bagi yang tidak suka dengan daging kambing, warung nasi Kebuli Mbah Soleh juga menyediakan menu nasi ayam kebuli yang rasanya juga mengugah selera makan, dengan ciri Timur Tengah namun rasa bumbu yang lembut.

nasi kebuli

Untuk harganya, nasi kebuli kambing dijual mulai harga Rp.31.000 untuk porsi besar dan Rp. 23.000 untuk paket kecil. Selain itu disediakan juga paket irit (parit) kebuli kambing seharga Rp17.000 dan irit (parit) kebuli ayam seharga Rp17.000, kambing goreng Maroko seporsi dihargai Rp. 30.000. Ada juga nasi goreng kambing seharga Rp. 20.000. Sedangkan harga minuman dipatok mukai dari harga Rp. 3000 hingga Rp. 9000.

Dalam sehari menurut Tari, warung nasi Kebuli Mbah Soleh mampu menjual lebih dari 70 porsi, belum lagi jika waktu libur tiba. Jumlah tersebut masih ditambah lagi pesanan nasi kebuli dalam box yang juga lumayan banyak. Kadang juga memenuhi pesanan untuk acara Aqiqohan.

"Nasi Kebuli di sini tidak tidak ada bumbu instan, semuanya fresh. Yang khas di sini tidak ada bau prengus dari daging kambing, sehingga banyak pelanggan yang suka. Karena tidak gampang untuk memasak daging kambing, susah-susah gampang," tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini