nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suka Makanan Manis? Awas Ini Bahayanya Konsumsi Gula Berlebihan

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 10 Mei 2018 11:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 10 481 1896642 suka-makanan-manis-awas-ini-bahayanya-konsumsi-gula-berlebihan-FGvsRBAcEQ.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

GULA dan garam dikenal sebagai dua bahan yang paling berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Dampaknya sangat berpengaruh pada kesehatan Anda.

Berlebihan konsumsi gula bisa-bisa membuat seseorang mengalami obesitas, depresi hingga berujung diabetes. Anda harus mengkhawatirkan risiko tersebut daripada merugikan diri sendiri.

Ahli Diabetes Dr Roshani Gadge dari Gadge Diabetes Center menyebutkan, jika seseorang benar-benar menghentikan konsumsi gula secara berlebihan, dampaknya sangat baik. Anda juga disarankan untuk mencari penggantinya agar lebih menyehatkan.

"Gula mengandung karbohidrat yang membuat makanan terasa manis. Kalau berlebihan, berisiko menyebabkan orang jadi obesitas atau menderita gangguan lain," ujar Dr Gaghe, dilansir Thehealthsite, Kamis (10/5/2018).

Baca Juga: Akui Menyesal, Selebgram Ini Lelah Pamer Bokong Seksi Demi 'Puaskan' Followernya

Dia menjelaskan, dalam bentuk yang paling sederhana, gula mengandung glukosa yang terjadi secara alami dalam buah-buahan dan jus sayuran. Lalu, ada pula fruktosa yang bisa didapat dari buah-buahan, beberapa sayuran hijau, gula tebu dan madu. Kemudian, Ada galaktosa yang merupakan gabungan glukosa untuk membentuk laktosa.

makanan manis

Namun, saat ini banyak muncul produk pemanis buatan yang diklaim aman dan tidak berpengaruh bagi kesehatan. Sumber gula tambahan itu biasanya ada di minuman kaleng, kue, pai, cokelat, jus buah kemasan dan dessert serba manis.

"Hanya sekaleng Cola biasanya berisi hingga 7 sendok teh gula tambahan. Sedangkan cokelat batangan berukuran rata-rata dapat berisi hingga 6 sendok teh gula," imbuh dia.

Baca Juga: Awet Muda, Ini Rutinitas dan Rahasia Perawatan Wajah Maudy Koesnaedi Setiap Hari

Dia menekankan bahwa gula merupakan sumber kalori yang harus dikonsumsi sesuai takaran. Anda harus mengurangi pemanis buatan ini untuk hidup lebih sehat.

"Seharusnya konsumsi gula alami dan pemanis buatan tetap dibatasi. Karena gula dapat mengganggun insulin darah yang menyebabkan diabetes," terang dia.

Sebagai gantinya, Anda bisa konsumsi aneka jus buah dan sayuran yang segar. Buatlah minuman tersebut tanpa tambahan gula sedikitpun. Bahan dasar dari minuman tersebut sudah manis.

Misalnya, Anda bisa membuat jus apel dengan sayuran hijau pilihan seperti kale. Fungsinya murni dapat mendetoksifikasi tubuh. Selain itu, minuman jus ini mengandung tinggi serat yang bermanfaat.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan kale segar, apel, mentimun dan lemon. Kale dan timun membantu dalam detoksifikasi seluruh sistem dan melancarkan sistem pencernaan.

Sementara apel dan mentimun adalah dua bahan makanan penurun berat badan alami. Minuman ini juga baik untuk menghidrasi tubuh Anda agar tidak terasa lemas dan terganggu aktivitasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini