nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hindari Dehidrasi Kulit saat Cuaca Panas, Begini Caranya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 11 Mei 2018 20:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 11 194 1897261 hindari-dehidrasi-kulit-saat-cuaca-panas-begini-caranya-HqNpozlnQp.jpg Perawatan kulit (Foto: Treathampsier)

MUSIM panas telah tiba, sinar matahari terik dengan udara yang terasa kering akrab menyapa saat sedang melakukan aktivitas sehari-hari. Mengingat kita tinggal di negara beriklim tropis, memperhatikan kondisi kulit di cauca panas seperti ini adalah salah satu hal wajib yang tidak boleh terlewatkan.

Sebab, kulit merupakan bagian organ tubuh paling besar yang mana sebagai ektserior tubuh paling luar maka bisa dikatakan kulit jadi organ tubuh yang paling banyak terpapar sinar matahari sehari-hari.

Bicara soal melindungi kulit agar tidak dehidrasi akibat terlalu terpapar sinar matahari ini, tentunya termasuk soal kulit wajah. Namun sayangnya, kebanyakan orang awam akan lebih memperhatikan perlindungan untuk kulit tubuh, tapi tidak begitu dengan kulit di bagian wajah.

 (Baca Juga: Ternyata Daun Salam Berguna untuk Kesehatan, Salah Satunya Jantung)

Padahal, di musim panas seperti sekarang ini, kulit wajah juga bisa mengalami dehidrasi loh! Lalu apa yang harus dilakukan untuk terhindar dari dehidrasi kulit wajah saat di musim panas? Menjawab perihal ini, maka Okezone pun bertanya langsung kepada dr. Ariana Suryadewi Soejanto, M. Biomed (AAM).

“Kalau tidak mau kulit wajahnya dehidrasi itu, pertama sekali yang harus diperhatikan adalah soal cleansing. Cleansing yang benar, jangan sampai di tahap membersihkan saja sudah salah dengan misalnya pakai sabun pembersih yang detergen nya banyak banget. Salah satu ciri khas sabun yang mengandung banyak kandungan detergen dia itu bikin kulit muka jadi kering. Jadi pilih cleanser yang tidak mengandung banyak bahan detergen,” ungkap dr. Ariana Suryadewi Soejanto, M. Biomed (AAM) saat ditemui Okezone belum lama ini di kawasan Kemang, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Setelah tahap membersihkan wajah yang tepat, dengan memilih cleanser yang benar maka selanjutnya ialah dengan menggunakan pelembap dan juga sunblock. Untuk pemakaian pelembap ataupun sunblock ini, dikatakan tidak menjadi masalah jika pengaplikasiannya menjadi satu ataupun terpisah.

(Baca Juga: Sedapnya Makan Siang dengan Tahu Telur Buatan Sendiri)

“Langkah selanjutnya yakni pemakaian pelembap, itu harus ya. Bisa jadi satu sama sunblock, bisa terpisah juga tidak jadi masalah. Tapi kalau terpisah, sunblock nya sendiri lalu pelembap nya sendiri, lihat dulu ya kandungannya masing-masing, jangan ada yang ternyata sama ya biar enggak jadi double action jadinya nanti,” tandasnya.

(dno)

Berita Terkait

Kulit Dehidrasi

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini